oleh

1.158 Kontingen Garuda UNIFIL Terima Penghargaan UN Medal PBB

Bisnis Metro, LEBANON – Sebanyak 1.158 Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda UNIFIL 2019 mendapat penghargaan _UN Medal Parade_ di Markas Indobatt, Desa Adchit Al Qusayr UNP 7-1, Lebanon Selatan.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kontingen Garuda UNIFIL, Kolonel Inf Aji Mimbarno, S.AP., dalam rilis tertulisnya pada Selasa (8/10/2019).

Diungkapkan Komandan Kontingen, _UN Medal Parade_ merupakan bentuk penghargaan yang diberikan PBB kepada _Peacekeepers_ yang telah bertugas dalam misi perdamaian dunia dalam rentan waktu minimal 6 bulan berturut-turut tanpa cela.

“Ini merupakan kebanggaan bagi bangsa Indonesia dan TNI secara keseluruhan, bertepatan dengan HUT ke-74 TNI, PBB memberikan kado terindah atas pengabdiannya,“ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemberian _UN Medal Parade_ Kontingen Garuda 2019 yang dilaksanakan bertepatan dengan HUT ke-74 TNI pada Sabtu (5/10/2019), diawali dengan pelaksanaan upacara yang dipimpin oleh Irup HOM/FC Major General Stefano Del Col, dengan Komandan Upacara Mayor Inf Tri Putra Yudha.

“HOM/FC Major General Stefano Del Col menyematkan _UN Medal Parade_ kepada Komandan Kontingen dan para Dansatgas yang menjadi perwakilan utama, selanjutnya Dubes RI untuk Lebanon Hadjrianto Tohari menyematkan _UN Medal_ kepada Komandan Upacara beserta para Danki Upacara, bersamaan dengan penyematan _UN Medal_ kepada pasukan upacara oleh para tamu undangan,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, penganugerahan UN Medal dari PBB kepada prajurit TNI Kontingen Garuda UNIFIL 2019 menjadi bukti profesionalisme prajurit TNI diakui dunia, tentunya tidak hanya menjadi kebanggaan prajurit TNI saja tetapi juga kebanggaan rakyat Indonesia.

“Hal ini sesuai dengan Tema Peringatan HUT TNI ke-74 yaitu TNI yang Profesional dan menjadi Kebanggaan Masyarakat, “tandas Aji Mimbarno.

Selain defile pasukan, lanjut Aji, sejumlah atraksi juga ditampilkan para prajurit pada acara ini, diantaranya penampilan taria-tarian Nusantara seperti tari Indang dan tari Jaipong, ditambah dengan atraksi kolone senapan, pencak silat, beladiri militer serta menari bersama menambah kemeriahan dan kesemarakan kegiatan upacara _UN Medal_ Kontingen Garuda 2019.

“Diakhir kegiatan dilaksanakan ramah tamah di Rub Hall Markas Indobatt. Dimana pemotongan kue bersama oleh HOM/FC UNIFIL, Dubes RI untuk Lebanon, Dankontingen dan Perwakilan Lebanese Armed Forces mengawali kegiatan ramah tamah,”tuturnya.

Sementara itu, terkait dengan penerimaan medali penghargaan dari PBB, Dansatgas MPU UNIFIL, Letkol Cpm Sony Yusdarmoko menegaskan bahwa pemotongan kue tidak hanya untuk merayakan HUT ke-74 TNI yang tepat bersamaan di hari yang sama, namun juga wujud syukur dan doa agar amanah rakyat dan bangsa dapat dijalankan sebaik-baiknya oleh pasukan Garuda UNIFIL.

“Kami bangga, namun sesungguhnya yang lebih berhak dari penghargaan ini adalah rakyat dan bangsa Indonesia. Semoga TNI selalu profesional serta menjadi kebanggaan masyarakat, Garuda,”pungkasnya. (Dispenad)

News Feed