oleh

107 Perwira TNI AL Alumni AAL Siap Mengabdi 

-Nasional-376 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA — Sebanyak 107 Perwira Remaja TNI Angkatan Laut (TNI AL) siap mengabdikan dirinya kepada TNI AL bangsa dan negara setelah dilantik dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di halaman Istana Negara, Jakarta Pusat yang turut dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono bersama Pejabat Utama Mabesal dan Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, Kamis (14/07).

Upacara yang berlangsung secara khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dipimpin komandan upacara Komandan Resimen Akademi Angkatan Laut (AAL) Kolonel Laut (P) Arya Delano.

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 46/Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Militer dan Akademi Kepolisian menjadi perwira TNI dan Perwira Polri yang terdiri atas 292 orang lulusan Akademi Militer (Akmil), 107 orang lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL), 109 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) dan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 246 orang.

Presiden Rl dalam amanatnya mengungkapkan rasa bangga dan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh perwira TNI-Polri yang berhasil menyelesaikan pendidikannya di Akademi Militer maupun Akademi kepolisian. “Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara saya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas pelantikan saudara-saudara para perwira, para kesatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri,” ujar Presiden RI bangga.

“Saya sangat paham untuk bisa dilantik pada hari ini, perjuangan saudara-saudara sangatlah berat dan panjang,” sambungnya. Menurutnya, para perwira TNI-Polri merupakan insan muda yang terpilih, teruji, sigap, dan terampil dalam menghadapi segala tantangan dan diharapkan para perwira muda ini bisa menjadi garda terdepan dalam menghadapi krisis di masa depan.

“Saya berharap kepada saudara-saudara untuk menjadi yang terdepan menghadapi tantangan zaman, menghadapi dunia yang penuh ketidakpastian, menghadapi krisis yang datang bertubi-tubi,” tutur Joko Widodo.

Upacara Praspa ini ditandai dengan pembacaan peraih Adhi Makayasa 2022, yang merupakan penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing matra TNI-Polri disampaikan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Marsda TNI M. Tony Harjono yang diberikan kepada Letnan Dua (Letda) Infanteri Rafi Naufal Arfiansyah (Akmil), Letda Laut (P) Elang Triasti Fitrananda (AAL), Letda Penerbang Jeremia Zopi Pramudya (AAU), dan Inspektur Polisi Dua (Ipda) Adira Rizki Nugroho (Akpol).

Selain itu pengambilan sumpah secara simbolis diwakili oleh empat Perwira menurut agama yang dianut antara lain Akademi Militer sebagai perwakilan beragama Islam, Akademi Angkatan Laut sebagai perwakilan beragama Protestan, Akademi Angkatan Udara perwakilan beragama Katolik, dan Akademi Kepolisian sebagai perwakilan beragama Hindu. (***)