oleh

3 Mei 2022 Tindak Lanjut Pemkot Tangsel untuk Banjir Roswood Garden Serua

-Peristiwa-303 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Pihak dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sampai dengan hari ini belum ada yang hadir dalam upaya membantu memberikan obat-obatan kepada warga Perumahan Roswood Garden Serua Indah Ciputat.

Hal tersebut diungkapkan Hendry. Ketua RT Perumahan Roswood Garden, Selasa (3/5/2022).

“Kalau dari dinas kesehatan, belum ada yang hadir, ya karena mungkin momennya pas hari raya Idul fitri,” ucap Hendry.

Dia jelaskan bahwa hujan deras 30 April 2022 selama satu jam pada siang hari. Namun setelah hujan berhenti, mendadak debit Sungai menjebol tembok pembatas perumahan Roswood Garden menyebabkan banjir parah.

Langsung pada hari yang sama oleh DPU Tangsel dibuat tanggul sementara.

Tak disangka pada Hari pertama lebaran idul fitri. tanggal 2 Mei 2022 sore hujan lebat kembali terjadi dan menyebabkan tanggul tidak dapat menahan hingga jebol kembali lebih parah sepanjang 20 meter dengan ketinggian tembok 2,5 meter.

“Robohnya tembok, air sungai masuk ke lingkungan perumahan, 77 runah 65 KK itu terendam bersama 15 unit mobil dan motor sebanyak 10 Unit Sebagian besar warga kami saat itu telah mudik,” tuturnya.

Bantuan pihak Pemkot pun diantaranya dari Dinsos Tangsel bersama BPBD dianggap cepat tanggap, sebanyak 2 kali. “Yang terakhir pada 2 Mei 2022 malam itu diantarin makanan 35 nasi bungkus, matras sebanyak 40 lembar, dan bahan-bahan makanan siap saji,” sebut Hendry.

Masih di lokasi, beberapa pihak dinas terkait sudah bahu membahu membantu mengatasi sesegara mungkin dampak dampak warga banjir, diantaranya Satpol PP, dengan mobil dalmasnya, lalu ada DLH. Kemudian DPU dengan alat beratnya.

Sapta Mulyana Sekretaris Satpol PP Tangsel, pun meninjau pelaksanaan anak buahnya mengatakan, dikarenakan tidak efektifnya tumpukkan batu atau pasir lagi perbaikan tanggul jebol pada 30 April 2022.

“Hari ini kita lihat dengan pemasangan ribuan karung pasir sistem bronjong, diharapkan bisa menanggulangi luapan air yang ada disini (dari arah Setu Pamulang menuju sekitar lokasi tol di Jalan Bukit Serua),” ujar Sapta.

Bersama dengan DLH Tangsel, dirinya menyatakan membantu dampak banjir. “Banyak lumpur yang masuk rumah-rumah, dan juga sampah alat rumah tangga yang tidak terpakai, termasuk perabotan kasur maupun sofa, lemari, langsung kita bantu singkirkan,” katanya.

Menimpali, Rastra Yudhatama Kabid Persampahan DLH Tangsel, akan menerjunkan satu unit truk amroll dengan satu unit pikup menangani sisa sampah dari banjir Perumahan Roswood Garden.

“Kira rencanakan besok pagi (4/5/2022), sudah saya jadwal dengan Korwil Ciputat,” tukasnya. (sg)