oleh

Alami Sakit di Tengah Laut, TNI AL Evakuasi Tujuh ABK KM. Selamat-III

-Peristiwa-64 Dilihat

Bisnismetro.id, NIAS – Pangkalan TNI AL (Lanal) Nias berhasil membantu evakuasi 7 orang anak buah kapal (ABK) KM Selamat III yang mengalami sakit ketika dalam pelayaran di tengah laut untuk menangkap ikan.

Kronologis kejadian bermula pada hari Sabtu (2/7) pukul 07.40 WIB anggota Patkamla Lanal Nias Kopka Bah Basrul Koto mendapat informasi dari seorang nelayan Telukdalam atas nama Dian melalui telpon seluler (HP) yang menginformasikan bahwa ada sebuah kapal ikan meminta bantuan untuk mengevakuasi para ABK yang sakit dengan jarak ± 5 mil dari Pelabuhan Telukdalam Nias Selatan. Kemudian Kopka Bah Basrul Koto meneruskan informasi tersebut kepada Pasops Lanal Nias Mayor Laut (P) Yudiono dan Intel Lanal Nias.

Proses evakuasi dilakukan pada pukul 08.30 WIB, KM Selamat-III yang lego jangkar di Kolam Bandar Pelabuhan Telukdalam Nias Selatan dipandu dengan menggunakan perahu milik nelayan ke Dermaga Pelabuhan Lama Telukdalam. Selanjutnya Tim Kesehatan Lanal Nias yang dipimpin oleh Lettu Laut (K) drg. Izfan Yulviansyah membawa ABK KM. Selamat-III menuju Rumah Sakit Umum Stella Maris dengan menggunakan Ambulance Lanal Nias untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Menurut keterangan nahkoda KM. Selamat-III Syahputra Ritonga, kapalnya berangkat dari Pelabuhan Muara Baru Jakarta Utara pada tanggal 06 Januari 2022 dengan wilayah tangkap di tenggara arah Srilangka. Dalam pelayaran tersebut ada beberapa ABK yang mengalami sakit. Satu orang sakit berat bernama Muhammad Marihot Sibuea yang sudah hampir sebulan menderita sakit asam urat serta sudah 2 hari tidak mau makan. Sementara 6 orang ABK yang lain mengalami sakit seminggu belakangan.

Melihat adanya beberapa ABK yang sakit, maka Nahkoda melaporkan ke pihak Agen dan disarankan untuk mencari wilayah terdekat, selanjutnya KM. Selamat-III dengan peralatan AIS dan peta sampai di perairan Nias Selatan pada hari Sabtu pukul 02.00 WIB, karena belum pernah masuk di perairan Nias Selatan maka nahkoda memutuskan menunggu di pintu alur Pelabuhan Telukdalam Nias Selatan.

Sekira pukul 07.00 WIB Nahkoda melihat adanya nelayan tradisional atas nama Dian sedang melintas dan selanjutnya meminta bantuan untuk bisa membawa ABK yang sakit ke daerah terdekat.

Evakuasi terhadap ABK KM. Selamat-III berjalan aman dan lancar, saat ini telah ditangani oleh Dokter IGD Rumah Sakit Umum Stella Maris. Diagnosis awal, ABK tersebut mengalami Frostbite (kondisi ketika kulit dan jaringan dibawahnya rusak atau mati akibat paparan suhu yang sangat dingin) pengaruh cuaca yang ekstrim dalam perjalanan di laut. Tiga orang atas nama Muhammad Marihot Sibuea, Zupendri dan Ari Saputra harus menjalani rawat inap, sedangkan empat orang atas nama Indra Sulaeman, Erwin Noviatna, Jumadi Kurniawan dan Acep Angga diizinkan kembali.

Aksi para Prajurit TNI AL Lanal Nias dalam mengevakuasi ABK KM. Selamat-III yang sakit ini merupakan aplikasi di lapangan terhadap Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.(***)