oleh

Babinsa sosialisasikan bahaya karlahut

-TNI Polri-97 Dilihat

Teluk kuantan – Personel Babinsa Koramil 02/KT Kodim 0302/Inhu, Sertu Despi Herdison bersama warga desa binaan melaksanakan patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Seberang Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Inhu, Riau,Minggu 04 12 2022.

Sertu Despi mengatakan, memberi penjelasan patroli untuk mencegah terjadinya Karhutla. Disamping itu juga memberikan pengarahan tentang Karlahut kepada warga desa.

Selain itu, untuk mengantisipasi suhu udara panas agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar dan saling menjaga lahannya agar tidak terbakar.
Serta memonitor dan mangantisipasi munculnya titik api di daerah rawan Karlahut tersebut. Giat patroli juga meliputi pengecekan ketersediaan sumber air jika sewaktu waktu terjadi Karlahut.

Dalam kesempatan itu, Babinsa mengimbau dengan  adanya patroli Karhutla untuk menekan tingkat kebakaran dan sosialisasi kepada masyarakat, terutama pemilik kebun sawit.
Masyarakat yang dijumpai di rute patroli agar memahami tentang bahaya Karlahut bagi kesehatan, lingkungan, terutama kepada anak-anak.

Selain itu juga agar masyarakat merasa aman dalam melaksanakan kegiatan mereka sehari-hari. Sehingga masyarakat yang ada di wilayah tempat patroli di laksanakan dapat memberikan informasi apabila ada kejanggalan orang yang tidak di kenal masuk ke wilayah tersebut dan agar segera melaporkan kepada anggota yang melaksanakan patroli.

Kata Despi Herdison, pihaknya menyampaikan kepada masyarakat Desa Sebrang Taluk dengan mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap dampak akibat terjadinya Karhutla.
Untuk kegiatan Komsos kegiatan Patroli Karlahut ini, Babinsa sangat di respon positif oleh warga. Warga berharap agar Babinsa selalu memberikan pengertian terhadap masyarakat agar masyarakat juga paham dengan efek Karhutla.

Dengan harapan agar masyarakat mengerti dengan kegiatan patroli ini selalu terlaksana bersama masyarakat dan TNI, khususnya dengan para babinsa wilayah binaan tutur dari salah seorang masyarakat.