oleh

Batuud Koramil 15/Sanden Menjadi Danup Ziarah Dan Tabur Bunga Di Makam Pahlawan Mn. Moersidi Piring Murtigading

-TNI Polri-44 Dilihat

Bantul – Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke 77 Kemerdekaan RI, Kapanewon Sanden melaksanakan Upacara Ziarah Tabur Bunga di Makam Pahlawan Mn. Moersidi, Selasa (16/08/2019) pukul 08.00 Wib. di makam Mn. Moersidi berada di komplek pemakaman umum Dusun Piring II Murtigading, Sanden, Bantul.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolsek Sanden AKP Haryanto, dengan Komandan Upacara Batuud Koramil 15/Sanden Peltu Agung Triono, Perwira Upacara Jogoboyo Kalurahan Murtigading dan pembawa acara dari Pamong Kalurahan Murtigading Kapanewon Sanden.

Upacara diikuti jajaran Forkompincam Sanden, perwakilan Dinas Instansi lintas, Veteran se-Kecamatan Sanden, Lurah dan Pamong Desa, tokoh masyarakat, perwakilan pelajar SD, SMP/MTs, Karang taruna dan Komunitas Boek Dhuwur. Prosesi upacara berlangsung dengan khidmat.

Mn. Moersidi merupakan pejuang yang gugur pada tanggal 16-02-1946 dalam mempertahankan kemerdekaan di medan pertempoeran Tjangkir Soerabaja. Mn. Moersidi lahir di Gedongan Ceme putra dari Bapak Poncodikromo orang terkaya di zamannya. Lahir sekitar tahun 1926, bergabung dengan pejuang perintis kemerdekaan tahun 1944 dan ditugaskan di Surabaya.

Prosesi upacara tabur bunga di makam Mn. Moersidi ini merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap jasa pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia. Semangat kepahlawanan harus bisa direpresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah, peduli, berbagi serta toleransi. Jangan sampai cita-cita dan nilai perjuangan yang dibangun para pahlawan terlupakan.