oleh

Berikan Wasbang Bela Negara Pelajar SMKN 33, Ini Pesan Moril Dandim 0502/Jakarta Utara

-Berita Utama-141 Dilihat

Jakarta Utara – Komandan Kodim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA, menjadi pemberi materi Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ), Cinta Tanah Air Dan Bela Negara dalam kegiatan Army Go To School. Acara berlangsung di SMKN 33 Kel Pegangsaan Dua Kec Kelapa Gading Jakarta Utara, Jumat (22/4/2022).


Di hadapan 200 orang siswa dan siswi Dandim memaparkan materi tentang prinsip dasar Wasbang dan berbagai metode dalam mewujudkan seorang pemimpin di kalangan pemuda.

“Kita mengajak para siswa agar memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang kebangsaan dan memiliki semangat kebangsaan, Pancasila sebagai Ideologi sudah final dan harus dipertahankan,” ujar Dandim.

Lanjut Frega, para generasi muda bangsa ini harus memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, bukan hanya TNI, tetapi seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” urainya.

Disintegrasi bangsa mengancam karena sifat egoisentris yang tidak seharusnya berkembang di masyarakat. ” Ingat Negara Republik Indonesia memiliki keragaman budaya dan suku, pluralisme adalah nafas kehidupan yang telah mendarah daging, jangan karena ego sektoral nafas kita terkoyak “, jelas Dandim.

“Membangun Jati Diri Pemuda Dalam Peradaban Bangsa Indonesia Berlandaskan Nilai – Nilai Pancasila dan Semangat Nasionalisme” inilah slogan yang ingin saya tanamkan pada kesempatan ini, ujar Dandim.

Di akhir sesi paparan Dandim mengajak para siswa dan siswi SMKN 33 untuk selalu berpikir positif, melakukan hal yang positif dan produktif, berpikir kritis namun tidak mudah terprovokasi. Pelajar adalah insan yang berpendidikan dan berintegritas jangan mudah terhasut dengan berita hoax dan perpecahan.

Hadir dalam kegiatan ini Danramil 06/KG Mayor Arm Sidik Abriyanto, Wadanramil 06/KG Lettu Arm R. Ginting, Kepala Sekolah SMKN 33, Wakil Kepala Sekolah SMKN 33 dan Kasi Humas SMKN 33.

Para siswa dan siswi sangat antusias dalam mengikuti materi, terlihat beberapa dari mereka berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung serta mengajukan pertanyaan yang kemudian dijawab dengan jelas oleh Dandim.

Sumber Pendim 0502/JU