oleh

Bhaksos TNI AL Peringati Hari Kesaktian Pancasila

-TNI Polri-45 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 ini diperingati oleh prajurit TNI AL khususnya Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan dengan penuh rasa syukur dan penuh kepedulian dengan mengajak serta para nelayan TPI Manggar untuk bersama sama melaksanakan Upacara Bendera, Sabtu (1/10).

Hal ini dilaksanakan guna meningkatkan nasionalisme nelayan sebagai kepanjangan mata TNI AL dalam mengamankan laut. Sebanyak lebih kurang 60 nelayan ikut bersama-sama menundukkan kepala sejenak, mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur sebagai pahlawan Revolusi.

Usai pelaksanaan upacara bendera Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz, MMaritimePol., M.Tr. Hanla menyerahkan kapal hasil bedah kapal nelayan dan memberikan 2 motor kapal kepada nelayan Manggar.

“Kapal ini hasil bedah dari Lanal Balikpapan karena mengalami kerusakan parah kemudian kita perbaiki. Sedangkan 2 motor yang diberikan untuk kapal yang terkena musibah tenggelam karena cuaca buruk”, tuturnya. Intinya semua kita lakukan untuk keberlangsungan hidup para nelayan, tambahnya.

Menurut Danlanal kepedulian ini sebagai bentuk bhakti sosial kepada para nelayan yang merupakan bagian dari kejayaan Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Pelaut.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengaplikasian dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar keberadaan prajurit TNI AL dimanapun bertugas dapat membawa dampak yang positif bagi masyarakat sekitarnya.(***)