oleh

Dandim 0502/Jakarta Utara Peringati Hari Lahir Pancasila Bareng Anak-anak Sekolah Darurat Kartini

-Berita Utama-384 Dilihat

Jakarta Utara . Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA, memperingati Hari Lahir Pancasila di Sekolah Darurat Kartini, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (1/6/2022). Beserta jajaran Persit KCK Kodim 0502 Jakarta Utara, Frega mengajak anak-anak sekolah tersebut memaknai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kodim 0502 Jakarta Utara bekerjasama dengan Sekolah Darurat Kartini melaksanakan peringatan dan juga sebagai bagian dari program Kodim 0502/JU Peduli, anak-anak di kolong tol juga merayakan Hari Lahirnya Pancasila,” kata Frega di lokasi.

Dalam kesempatan tersebut, ratusan anak-anak Sekolah Darurat Kartini yang dibina Ibu Guru Kembar Rossy dan Riani juga menampilkan pertunjukan seni budaya Indonesia.Mereka tampil percaya diri mengenakan baju adat daerah-daerah di Indonesia, sambil menunjukan kebolehan menyanyi dan menari di depan para guru, wali murid, beserta jajaran Kodim dan Persit.

Di sela-sela acara, Frega juga meminta beberapa anak-anak maju ke depan untuk menyanyikan Garuda Pancasila serta mengucapkan lima sila dari dasar negara kita. Mereka yang berani maju ke depan pelataran acara pun diberikan hadiah oleh Dandim sendiri.

“Ada beberapa yang memang tadi saya minta anak-anak untuk mengucapkan Pancasila dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
Ternyata meskipun usianya masih kecil-kecil mereka luar biasa semangatnya,” kata Frega.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pawai keliling kolong tol dan pembagian bantuan serta makanan gratis kepada anak-anak dan masyarakat setempat. Total ada sebanyak 500 paket makanan yang dibagikan, selain daripada beras dan uang tunai yang disalurkan kepada sebagian masyarakat.

“Kita memberikan paket beras, uang tunai, dan juga dalam bentuk makanan gratis dan minuman. Sasarannya di sekolah ini ada sekitar 100 anak-anak dan masyarakat. Tapi secara total untuk yang nasi gratis itu kita siapkan ada 500 paket,” tutup Frega.

Sumber Pendim 0502/JU