oleh

Dandim 0906/Kutai Kartanegara Hadiri Pembukaan Erau Adat Pelas Benua

KUTAI KARTANEGARA.bisnismetro.id – Komandan Kodim (Dandim) 0906/ Kutai Kartanegara (Kkr) Letkol Inf Jeffry Satria hadiri acara pembukaan erau adat pelas benua bertempat di Musium Mulawarman jalan Diponogoro Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kaltim, Minggu (25/9/2022).

Dengan di tandainya prosesi ritual mendirikan tiang ayu menjadi awal pembukaan erau adat pelas benua di mulai. Tiang ayu merupakan tombak pusaka milik raja pertama Kutai Aji Batara Agung Dewa Sakti, setelah ritual selesai acara di lanjutkan dengan pembukaan erau.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya menyampaikan “Apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada yang mulia sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura beserta kerabat atas terselenggaranya erau adat pelas benua pada tahun ini”.

Upacara erau merupakan special event budaya terbesar di tanah air yang di selenggarakan oleh kesultanan Kutai Kartanegara dan pemerintah kabupaten Kukar di mana memadukan ruang aktualisasi seni budaya.

Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi secara resmi membuka acara perayaan erau adat pelas benua yang merupakan adat Kutai yang harus di pertahankan sebagai warisan budaya Kalimantan Timur.

Pembukaan erau adat pelas benua juga di rangkai dengan menyalakan brong/obor oleh para pejabat daerah dan di meriahkan juga dengan tarian kolosal yang menceritakan tentang awal mula di selenggarakannya erau.

Sumber : Kodim 0906/Kkr