oleh

Danlanud ZAM Hadiri Simulasi Latihan SAR

Bisnismetro.id, MANDALIKA PRAYA – Komandan Lanud ZAM Kolonel Pnb Khairun Aslam turut menghadiri Latihan Simulasi Search And Rescue (SAR) dalam rangka mendukung perhelatan Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan World Super Bike (WSBK) Tahun 2021 yang akan digelar beberapa hari ke depan di Sirkuit Pertamina Mandalika, Praya Selasa (9/11/2021).

Latihan SAR ini diikuti oleh tim gabungan dari TNI Polri, Dinas Perhubungan, SAR Mataram, PMI NTB, BPPD NTB, BMKG BIZAM, Dinkes NTB, dan Satpol PP Lombok Tengah.

Pada latihan ini, disimulasikan telah terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan Bypass Bandara Lombok Mandalika Airport bus mengalami pecah ban sehingga mengakibatkan terjadinya korban jiwa, mendengar informasi tersebut Posko Terpadu langsung menyebarkan informasi tersebut ke unit terdekat, selanjutnya Tim SAR Gabungan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi penyelamatan Korban dengan menggunakan peralatan Ekstrikasi milik SAR.

Tim SAR Gabungan menginformasikan kepada SAR Provinsi NTB bahwa diperlukan dukungan medis melalui udara dikarenakan korban dalam keadaan kritis dan tidak bisa ditempuh jalur darat karena telah terjadi kemacetan.

Selanjutnya korban dievakuasi dengan menggunakan helikopter milik SAR Provinsi NTB yang selanjutnya diterbangkan menuju RSUP NTB.

Selain itu disimulasikan juga ada wisatawan Asing yang terseret ombak ke tengah laut, dimana korban dalam keadaan kritis. Selanjutnya tim penyelemat menggunakan Jetski dan kendaraan Amfibi Basarnas menuju titik sasaran untuk mengevakuasi korban dibawa ke pinggir pantai. Tim medis melaporkan ke SAR Mataram untuk memberikan dukungan evakuasi korban menggunakan transportasi udara.(***)

News Feed