oleh

Danrem 091/ASN Berikan Kuliah Umum di Unmul Dampak Positif Pemindahan Ibu Kota ke IKN Nusantara

SAMARINDA.bisnismetro.id – Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Dendi Suryadi, SH., MH berikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa Baru Program Magister Hukum Untag, bertempat di Aula Fak. Hukum Unmul Kampus Gn. Kelua Jl. M. Yamin Samarinda Kaltim. Sabtu (20/8/2022).

Kuliah Umum  Mahasiswa Baru Program Magister Hukum Unmul mengambil tema ”Pemindahan Ibu Kota Negara, Ancaman dan Tantangan Perspektif Pertahanan Negara.”

Dalam Kuliah Umum Danrem 091/ASN mengatakan “Kuliah umum ini sangat penting untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait dengan pemindahan ibu kota Negara ke IKN Nusantara. Mahasiswa harus paham dengan isu-isu terkini dan pemindahan ibu kota Negara ini adalah persoalan penting yang harus dipahami dengan benar oleh seluruh warga Negara”.

‘’Presiden Joko Widodo ditargetkan akan pindah ke IKN Nusantara sebelum 16 Agustus 2024. Selanjutnya pembangunan IKN akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2045. Pemindahan di tahap awal ini dimulai dengan persiapan infrastruktur dasar seperti air hingga energi yang dibutuhkan dalam periode 2022-2024,’’ terangnya.

Tahapan pembangunan awal juga akan meliputi saranan utama seperti istana kepresidenan, perkantoran hingga perumahan di KIPP. Tahap awal ini juga termasuk pemindahan ASN yang meliputi TNI dan Polri di tahun 2023.

Tahap pembangunan IKN selanjutnya akan berlanjut di tahun 2025-2035 dengan meliputi area inti yang tangguh seperti pusat inovasi dan ekonomi. Selanjutnya baru dilakukan penyelesaian pemindahan pusat pemerintahan IKN.

“Lalu, 10 tahun berikutnya fokus kita membangun IKN sebagai area inti yang tangguh. Pembangunan di tahap ini adalah dengan mengembangkan sektor ekonomi prioritas guna mencapai tujuan sustainable Development Goals (SDGs),” tegasnya.

Sedangkan Dekan Fak. Hukum Unmul mengatakan “Kegiatan ini adalah merupakan tradisi yg selalu dilakukan terhadap mahasiswa Magister Hukum, dimana untuk kuliah perdana selalu mengundang Pemateri dari luar pengajar tetap di Unmul”.

“Pada pagi hari ini, Bapak Danrem 091/ASN berkenan meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait dengan pemindahan Ibu Kota Negara dari sisi pertahanan negara”, katanya dengan semangat.

“Pemindahan sebuah Ibu Kota Negara sangat berkaitan dengan filosofi pertahanan negara. Sehingga hal ini adalah sebuah hal yg sangat menarik, dimana hal ini baru diberikan kepada mahasiswa baru program magister Unmul yang dapat berinteraksi secara langsung”, jelasnya.

“Bapak Danrem 091/ASN adalah alumni Program Magister Unmul, sehingga merupakan suatu kebanggaan beliau dapat kembali ditengah-tengah kita, berbagi pengetahuan dan pengalaman serta wawasan”, katanya.

Sumber : Penrem 091/ASN