oleh

Di Serpong, Mensos Pastikan Keluarga Penerima Manfaat Bansos Benar-Benar Terdampak

-Megapolitan-263 views

Bisnis Metro.id,TANGERANG SELATAN- Untuk ketiga kalinya Menteri Sosial RI Juliari P Batubara datang ke Kota Tangerang Selatan untuk memastikan bahwa bantuan sosial sembako berjalan dengan baik dan penerimanya benar-benar yang terdampak.

Mensos Juliari Batubara, secara seremonial kali ini menyalurkan kembali ke beberapa warga, total hari ini sebanyak 1164 kantong bansos untuk tahap kelima.

Dalam Confrensi persnya usai mengunjungi dua rumah warga RT 03 RW 01 Kelurahan Rawabuntu, Serpong Kota Tangsel, Selasa (23/6/2020), didampingi Wagub Banten Andika Hazrumy, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengucapkan terimakasih atas data yang akurat sejauh ini dari Pemkot Tangsel, dan Pemprov Banten.

Prinsipnya, kata dia, Pemda yang paham. “Kira hanya menganggarkan dan menyalurkan saja. Dan kebetulan program ini berlanjut sampai Desember, kita harap yang sudah baik ini harus lebih baik.

Kondisi yang terdampak, menurut Mensos, masih hampir sama semua. “Artinya warga yang kehilangan pekerjaan, dan yang membedakan adalah kondisinya saat ini sedang mulai pembukaan secara perlahan dengan masa new normal.

Dalam pesannya ke Wagub Banten dan Walikota Tangsel yang mau ke new normal, agar jangan sampai warga berpikiran Covid-19 sudah hilang. “Jangan lupa sehingga akan kembali lagi gitu lho, Jangan ada lonjakan lagi,” ujar Mensos mewanti- wanti.

Bila mana nanti benar-benar new normal, pengambilan dan penyaluran bansos tetap dengan memakai protokoler kesehatan. “Selama masa pandemi ini, kita tidak tawar menawar ya dengan kondisi seperti ini,” imbuhnya.

Pemerintah Pusat telah memberikan bansos tahap kelina ini sudah hampir 100 persen.
“Dan nanti tahap keenam, itu yang range pertama, tapi nanti range kedua Juli sampai Desember bansos sembako tiap bulan hanya sekali, karena prediksi kita dampak ekonominya masih hebat dirasakan oleh warga,” sebutnya.

Ketika menjawab pertanyaan wartawan, apakah sudah ada laporan yang masuk kepada dirinya mengenai penyalahgunaan dana bansos? Ia menjawab, sejauh ini secara detail belum mengetahui. “Detailnya saya ngga tahu ya, tapi sejauh ini masih oke- oke saja. Karena kalau memastikan semua penerima itu sesuai data, ya tidak mungkin, tapi kita lihat saja, faktor mis nya berapa persen,

Sebelum mengakhiri wawancara, dirinya menyatakan beberapa saat sebelumnya telah melakukan rapat bersama KPK. “Mereka juga punya JAGA Bansos untuk laporan, sejauh ini juga langsung menindaklanjuti apabila ada laporan yang akurat. Karena laporan yang asal-asalan juga banyak,” tukasnya.(sugeng)

News Feed