oleh

Diikuti 77 Personel, Latsar CPNS Kemenko Marves dan BMKG Golongan III dan II Resmi dibuka Ses Badiklat Kemhan

Bisnismetro.id, JAKARTA – Ses Badiklat Kemhan Marsma TNI Asfan Jauhari S.A.P, M. Si. mewakili Kabadiklat Mayjen TNI Tandyo Budi R., S.Sos membuka Latsar CPNS Kemenko Marves dan BMKG Golongan III dan Golongan II TA. 2023 di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat KemhanSalemba Jakarta.

Melalui Pelatihan Dasar ini diharapkan menghasilkan PNS Kemenko Marves dan BMKG yang profesional dan berkarakter berlandaskan nilai-nilai dasar (core values) ASN dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa. Latsar diharapkan akan mampu menerapkan core values ASN yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK) guna mendukung employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”.

Sebagaimana disampaikan Kabadiklat Kemhan pada sambutanya, bahwa baik Kemhan, Kemenko Marves maupun BMKG sepakat bahwa pelaksanaan Latsar CPNS ini merupakan momentum penting dalam rangka meletakkan karakter dasar bagi pegawai yang akan memulai karier dan kedinasan, agar nantinya para CPNS dapat mengemban dan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan penuh integritas. Karena Latsar merupakan pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang, sebagaimana diatur dalam Peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar CPNS.

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang wajib bagi seluruh CPNS di seluruh Instansi Pemerintah sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi PNS, dan hanya diberikan kesempatan 1 x selama menjadi CPNS. Untuk itu diharapkan para peserta Latsar CPNS dapat mengikuti kegiatan Latsar ini dengan sungguh-sungguh agar tujuan Latsar membentuk pribadi-pribadi yang berkualitas dapat terwujud.

Latsar dilaksanakan diikuti oleh 77 personel CPNS yang terdiri dari 74 personel Gol III asal satker Kemenko Marves, dan 2 personel BMKG, sementara untuk Gol II terdiri dari 3 personel yang berasal dari Kemenko Marves 2 personel dan 1 personel berasal dari BMKG. Pelaksnaan Latsar CPNS dibagi 2 gelombang dan diselenggarakan selama 74 hari kerja, terhitung mulai tanggal 27 Januari s.d. 16 Mei 2023. Adapun pelatihan dilaksanakan dengan metode Blended Learning yakni penggabungan pembelajaran secara online dengan memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi serta pembelajaran secara tatap muka atau klasikal yang diselenggarakan pada pekan akhir pelatihan selama 6 hari sebagaimana diatur dalam Keputusan Kepala LAN RI Nomor 13/K.1/PDP.07/2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Latsar CPNS.

Kegiatan pelatihan diawali dengan MOOC selama 16 hari kerja, dilanjutkan dengan distance learning selama 22 hari kerja, berikutnya dilaksanakan Habituasi/Aktualisasi selama 30 hari kerja dan diakhiri dengan Klasikal selama 6 hari kerja. Akomodasi selama melaksanakan Pendidikan para peserta melaksanakan pembelajaran e-learning di kediaman atau satuan masing-masing, dan pada saat metode klasikan seluruh peserta diasramakan di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan di jalan Salemba I no.25 Jakarta.

Turut hadir pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS Kemenko Marves dan BMKG Angkatan XXXI adalah Sesmenko Marves, Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Karoum dan Asisten Deputi IV dan VI Kemekomarves, Perwakilan BMKG, dan perwakilan Eselon III dilingkungan Badiklat Kemhan.(***)