oleh

Dikmata TNI AL Angkatan XLI/1 Ditutup, Besok dilantik Dankodiklatal

Bisnismetro.id, SURABAYA — Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI gelombang 1 secara resmi ditutup Komandan Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Danpuslatdiksarmil) Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, bertempat di lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil, Kamis, (6/1). Rencananya para siswa ini besok akan dilantik Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat

Menjelang pelantikan dan pengambilan sumpah, sebanyak 823 orang siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI/1 yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) melaksanakan Penutupan Pendidikan dan dipimpin langsung Komandan Puslatdiksarmil (Danpuslatdiksarmil) Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, Kamis, (6/1/2022).

Upacara Penutupan Pendidikan sebanyak 823 prajurit ini dengan Komandan Upacara (Danup) Letkol Mar Taufik Prasetyo yang sehari-harinya menjabat Komandan Sekolah Tamtama Puslatdiksarmil. Hadir dalam Tupdik tersebut Wadan Puslatdiksarmil, para Kadep Puslatdiksarmil dan para Komandan Sekolah Puslatdiksarmil.

Dari 823 orang siswa Dikmata TNI AL Angkatan XLI/1 ini terdiri Korps Pelaut, Korps Teknik, Korps Elektronika, Korps Suplai, Korps Marinir, Korps Kesehatan, Jas, Musik Dan Pomal. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Mars Puslatdiksarmil, penghormatan pasukan, laporan Danup, pemeriksaan pasukan, pernyataan resmi penutupan pendidikan oleh Irup, Penanggalan tanda siswa, pemberian nilai prestasi terhadap siswa terbaik dan pembacaan surat perintah penutupan pendidikan.

Danpuslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo dalam amanatnya menyampaikan dengan berakhirnya pendidikan dasar golongan, bukan berarti para siswa sudah selesai melaksanakan pendidikan untuk menjadi seorang prajurit TNI AL, setelah selesai melaksanakan pendidikan disini para siswa masih harus menempuh pendidikan lanjutan sesuai kejuruan masing-masing.

Sebagai Komandan Puslatdiksarmil dirinya mengucapkan selamat karena telah menyelesaikan tahap pendidikan ini dengan baik, Danpuslatdiksarmil berharap pada tahap pendidikan kejuruan nanti para siswa tetap memiliki semangat yang tinggi dan sungguh-sungguh agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan akhirnya bisa dilantik menjadi prajurit TNI AL yang berintergritas.

“Berbekal mental dan fisik yang kalian miliki saya yakin para siswa akan mampu menyelesaikan pendidikan dikejuruan masing-masing, namun jangan sekali-kali kalian menganggap remeh pendidikan tersebut, karena jika kalian tidak lulus maka lembaga pendidkan Kodikalatal tidak segan-segan untuk mengeluarkan kalian dari pendidikan dan dikembalikan ke masyarakat umum.” Terang Danpsulatdiksarmil.

Pamen melati tiga di Pundak ini juga menyampaikan bahwa dalam pendidikan kejuruan nanti para siswa harus dapat memanfatkan waktu untuk belajar dan berlatih dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan bekal ilmu pengetahuan yang mumpuni guna mendukung kedinasan dimanapun bertugas.

Diakhir amanat Danpuslatdiksarmil berharap agar para siswa selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa , membina dan meningkatkan fisik dan mental agar mampu mengikuti pendidikan kejuruan dengan lancar, aman dan sukses serrta senantiasa memelihara jiwa korsa diantara siswa.(***)

News Feed