oleh

Dinamika Lingkungan Strategis Berdampak Dalam Upaya Wujudkan Kemampuan TNI AL

-TNI Polri-1.064 views

Bisnis Metro, JAKARTA  —–Dinamika perubahan lingkungan strategis baik global maupun regional akan mempunyai dampak baik langsung maupun tidak langsung terhadap kesuksesan dalam mewujudkan TNI Angkatan Laut yang mempunyai kemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Demikian salah satu amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. saat bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara bendera 17-an yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Pushidrosal, Jl. Pantai Kuta V No.1 Ancol Timur Jakarta Utara. Senin, (17/02/2020).

Lebih lanjut dikatakan Kasal, Memasuki tahun 2020, yang merupakan awal dari renstra keempat selama 5 tahun kedepan. Sebagai konsekuensinya, para pengawak organisasi para peserta pengawak organisasi harus lebih responsive terhadap perkembangan situasi dan kondisi lingkungan sekitar.

Pemerintah telah mencanangkan tema “SDM Unggul, Indonesia maju” yang berfokus kepada peningkatan kemampuan sumber daya manusia. Sebagai bentuk implementasinya, seluruh program harus tersinkronisasi serta berorientasi kepada peningkatan kapabilitas kekuatan Angkatan Laut yang didasari oleh sumber daya manusia yang professional, kompeten dan bermoral, di ikuti dengan peningkatan kesejahteraan prajurit.

TNI Angkatan Laut harus di awaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahtraannya sesuai jati diri prajurit TNI sebagai Tentara Profesional, tambahnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kasal juga menyampaikan beberapa penekanan yang harus di pedomani dalam pelaksanaan tugas, di antaranya agar seluruh personel Pushidrosal Menyikapi secara cerdas dan bijak perkembangan situasi, khususnya yang menyebar melalui media sosial. Hindari keikutsertaan dalam menyebar berita hoax (menyesatkan) guna menghindari terjadinya kepanikan dan hysteria massa. Menjadikan TNI Angkatan Laut sebagai perekat kemajemukan dan kerukunan bangsa dengan memantapkan keyakinan, kepercayaan dan citra positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Meningkatkan kewaspadaan baik pribadi maupun keluarga untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan terhadap menyebarnya virus Corona (COVID-2019). Dan yang terakhir, agar segenap personel anggota TNI AL mendukung pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 yang akan diselenggarakan secara Online yang memungkinkan tingkat partisipasi yang tinggi.

Pelaksanaan Upacara 17-an di Pushidrosal diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Pancasila oleh inspektur upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan pembukaan UUD 1945, pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca Prasetya Korpri. Kegiatan upacara yang rutin dilaksanakan pada setiap tanggal 17 tiap bulan tersebut diikuti oleh para Pejabat teras Pushidrosal, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Jajaran Pushidrosal.

Sumber: Hari mas Pushidrosal

News Feed