oleh

Dispen TNI AL Siap Cetak Presenter dan Reporter Handal

-TNI Polri-33 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA — Dalam rangka mencetak presenter dan reporter TNI AL yang handal untuk mendukung tugas-tugas TNI AL, Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) mengadakan Pelatihan Presenter dan Reporter dengan peserta dari Kotama TNI AL seluruh Indonesia yang diikuti baik secara langsung di Studio Nusantara Sagoro 2, Lantai 2 Gedung B4 Dispenal Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, maupun Video Conference (Vicon), Rabu (20/07).

Pelatihan Presenter dan Reporter ini dibuka Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Laut (Sekdispenal) Kolonel Laut (P) Antonius Widyoutomo mewakili Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono dalam rangka mengaplikasikan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional.

Sekdispenal dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan presenter dan reporter ini bertujuan untuk menyamakan persepsi bahwa para presenter ini akan mewakili gambaran seorang presenter yang mampu secara humanis menampilkan berita TNI AL dengan baik. Presenter yang baik harus dapat menguasai empat elemen dasar dan satu elemen utama yakni mempunyai kemampuan interpersonal, improvisasi, kepercayaan yang tinggi dan berpenampilan menarik serta satu elemen utama yakni teknik vokal untuk menyampaikan berita dengan artikulasi yang jelas dengan penekanan-penekanan yang cukup baik.

Kolonel Antonius menjelaskan presenter yang baik adalah seorang presenter yang mampu mengintegrasi kemampuan interpersonalnya dan mampu melaksanakan improvisasi hingga saat melaksanakan kegiatan liputan. Sementara untuk elemen kepercayaan diri yang tinggi dan berpenampilan menarik adalah hal yang saling berkaitan sebagai pendukung antar elemen.

Kegiatan pelatihan reporter dan presenter yang di gelar secara langsung diikuti oleh 19 personel Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dari berbagai satuan jajaran TNI AL seperti Koarmada RI, Pushidrosal, Seskoal, Kolinlamil, Kormar, Lantamal III, Ladokgi REM, RSAL dr. Mintoharjo dan Pasmar I serta diikuti secara virtual oleh para prajurit jajaran TNI AL seluruh Indonesia.

Para peserta pembekalan menerima materi mengenai Performa Presenter TNI AL disampaikan oleh Penyiar 2 Subdis Mulmed dan Konop Letda Laut (S/W) Grace Dova, Jurnalis Militer yang disampaikan oleh Kasi Lipbra Subdis Penum Letkol Laut (KH) I Wayan Suarjaya, dan materi How To Be a Great Presenter disampaikan oleh Head of Corporate Communication Metro TV Fifi Aleyda Yahya.(***)