oleh

DPU Tangsel Mengecek Ketidakstabilan Lereng Tanah di Perumahan PBI

-Gaya Hidup-48 views

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN-
Perwakilan Dinas PU dan SDA Kota Tangerang Selatan melakukan kunjungan ke Komplek Perumahan Puri Bintaro Indah RW 022 Kelurahan Jombang, Ciputat, Rabu (7/7/2021) siang.

Suyanto Kasie Pemeliharaan Jalan (termasuk kontruksi turap) dan Jembatan, bersama Apun Yamin Pengawas Pemeliharaan Jalan Dinas PU Kota Tangerang Selatan, mengatakan kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti laporan warga masyarakat pada sepekan sebelumnya yang masuk ke kantornya.

“Kami diinstruksikan pimpinan dalam hal ini Kepala Dinas PU, untuk memeriksa di lapangan seperti apa dan kondisi sesungguhnya di lapangan,” ungkap Suyanto. Setelah itu dilihat dan ditindaklanjuti di kemudian hari untuk melayani apa yang menjadi harapan warga di tempat.

“Mengingat laporannya harus segera ditindaklanjuti dan ditangani. Jangan sampai berkembang dan bertambah lagi kerusakkannya, mengantisipasi atau menangani, keselamatan utama harus dicegah agar tidak longsor,” imbuhnya.

Setelah pihaknya melakukan survei di lapangan, memang kerusakkan terjadi karena ada ketidakstabilan tanah di sekitar Jalan Lombok RW 10 memang agak panjang.

Dan ini barangkali ada pengaruh penurunan tanah dan kemungkinan juga saat hujan deras ada limpasan air, yang mengganggu kestabilan lereng tanah di sebelahnya yang bawahnya ada Komplek Perumahan PBI RW 022.

“Olehnya, partisipasi dan komunikasi antara lingkungan kami harapkan,”

Koordinasi antara lingkungan yang baik antara bagian atas dan bagian bawah. Mengingat lokasi jalan itu (jalan Lombok) sepertinya limpasan air pada saat terjadi hujan, dan memicu ketidak stabilan tanah di samping yang mengakibatkan sedikit demi sedikit perubahan kondisi tanah.

“Ya mungkin, terjadi penurunan di situ, dan terlihat akhirnya pelan-pelan mau longsor,” tambahnya.

Rasa mengkhawatirkan itu, kemungkinan kedepan, itu bisa dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan baik, bisa diantisipasi.

“Sejauh ini, kami akan coba lakukan, terutama untuk mengamankan kondisi jalan dan lingkungan sekitar,” katanya.

Hadir dari perwakilan warga PBI, antara lain, Irvan Bendahara RW, Nurcholis RT 02, Sambodo RT 01, Andika RT 06, Prayitno RT 05, dan lainnya.

Sementara pihak warga PBI menyatakan apresiasi dan rasa terimakasih atas kunjungan dari Dinas PU Tangsel.

“Nanti juga kami akan koordinasi dengan pengurus RW 10 sebelum perbaikan dari Dinas berlangsung, dan agar tidak setengah-setengah pekerjaannya,” pungkasnya.

News Feed