oleh

Dusun Bergan Menjadi Kampung Pancasila

-TNI Polri-213 Dilihat

Bantul – Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan damping Sekda Kab Bantul Drs Helmi Jamharis M.M acara malam pencanangan Kampung Pancasila di Dusun Bergan, Kel. Wijirejo, Kep. Pandak, Kab. Bantul. (Jumat, 20/5).

Letkol Inf Agus Indra Gunawan menyampaikan kegiatan pecanangan Kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini harus terus dibina sebab dusun Bergan masyarakatnya begitu beragam, sehingga apa bila itu tidak dibina dengan baik dan ada oknum yang ingin memecah belah akan mudah sekali terjadi gesekan antar warga.

Warga dusun Bergan menyambut baik peresmian Kampung Pancasila di wilayah mereka. Warga berharap dengan program Kampung Pancasila ini akan membawa kemajuan secara mental dan juga ekonomi bagi warga setempat. “Mudah-mudahan dengan dicanangkannya Kampung Pancasila, dapat membawa kemajuan dusun Bergan baik secara ekonomi ataupun secara mental tetap pada Pancasila yang sejati,” jelas Dandim.

Lebih lanjut pencanangan Kampung Pancasila yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda Kab Bantul Drs Helmi Jamharis M.M. diharapkan dapat menjadi wadah dan sarana pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar kehidupan terutama bagi kaum millenial serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga ke tingkat desa. Selain itu, dengan adanya Kampung Pancasila dapat menjadi penangkal paham radikalisme dan intoleran yang muncul sangat cepat melalui media sosial.

Sekda Kab Bantul Drs Helmi Jamharis M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi warga dusun Bergan terpilih menjadi pencanangan kampung Pancasila. Dusun Bergan dijadikan Kampung Pancasila karena merupakan desa yang sangat majemuk terdiri dari berbagai macam agama tetapi sangat rukun dan damai Pancasila merupakan lambang dasar Negara Indonesia sebagai simbul bangsa yang di dalamnya memiliki arti dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan inisiatif pencanangan dusun Bergan sebagai kampung Pancasila. Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan akan tetapi dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan Bhineka Tunggal Ika. “Dusun Bergan kita canangkan sebagai desa Pancasila merupakan miniatur bangsa Indonesia semoga dapat menjadi contoh bagi daerah lain selamat untuk dusun Bergan semoga semakin maju dan semakin makmur dengan masyarakat yg penuh perbedaan tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan umat” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Bantul AKBP Ihsan S.IK, Kepala Kesbangpol Bantul Stephanus Heru Wismantara, S.IP,.MM, Danramil 16/Pandak Kapten Inf Rajiko, Pasiter Kodim 0729/Bantul Kapten Inf M.B Berhen Suncoko, Anton Wahono (Anggota DPRD Bantul Fraksi PDI Perjuangan), Forkopinkap Pandak, Perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.