oleh

Evaluasi SAKIP dan RB Internal, Bukti Transformasi di KemenPANRB

-Nasional-58 Dilihat

Bisnis Metro,JAKARTA- Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2022 di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Beragam persiapan terus dimatangkan untuk memastikan seluruh tahapan evaluasi berjalan lancar dan hasil terbaik dapat dicapai.

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengungkapkan persiapan evaluasi pelaksanaan SAKIP dan RB internal merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian PANRB untuk terus bertransformasi. “Evaluasi ini bukan sekadar mengejar nilai tetapi sebuah bukti bahwa kita di Kementerian PANRB benar-benar ingin ada transformasi,” ujarnya saat membuka Rapat Persiapan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Penerapan Akuntabilitas Kinerja di lingkungan Kementerian PANRB tahun 2022, di Jakarta, Selasa (23/08).

Jajaran Kementerian PANRB telah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk menghadapi evaluasi tersebut dari jauh-jauh hari. Untuk evaluasi pelaksanaan RB dimulai dengan pembentukan kelompok kerja area perubahan RB serta melaksanakan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan RB. Sedangkan untuk evaluasi penerapan AKIP, telah dilakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan kinerja secara lebih akuntabel.

Rini menegaskan, rapat ini sangat penting untuk membahas hal-hal apa saja yang masih perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan evaluasi pelaksanaan RB dan evaluasi penerapan AKIP mendatang. “Saya berharap Tim Penilai Nasional (TPN) dapat memberikan pencerahan dan memberikan panduan kepada kita semua,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Erwan Agus Purwanto menegaskan evaluasi SAKIP dan RB Kementerian PANRB tahun 2022, dapat dimaknai sebagai momentum perubahan. Sebab evaluasi dilakukan oleh tim evaluator dari internal Kementerian PANRB, yakni Inspektorat. Langkah ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan yang lebih bersifat substantif dan holistik bukan rekomendasi yang bersifat terlalu teknis.

Fokus evaluasi RB tahun ini akan banyak terkait dengan isu-isu kebijakan baru yang dikembangkan oleh Kementerian PANRB, seperti _flexible working arrangement_, penyederhanaan birokrasi, dan konsekuensinya pada penurunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Kementerian PANRB harus menjadi _role model_ dalam mempraktikkan kebijakan baru tersebut sebagai pelaksanaan agenda RB.

“Khusus terkait SAKIP, pasca-penyederhanaan birokrasi dibutuhkan penyesuaian rencana strategis (renstra). Penyesuaian renstra bisa dimulai dari unit kerja deputi untuk kemudian menjadi acuan untuk penetapan renstra Kementerian PANRB,” jelasnya.

Rangkaian evaluasi SAKIP dan RB 2022 akan ditutup dengan penyampaian laporan hasil evaluasi kepada seluruh instansi pemerintah yang dievaluasi. Targetnya, tahapan ini akan dilakukan pada Januari 2023.
sumber: Hms KemenPANRB