oleh

Gladi Posko Latihan Jalak Sakti Koopsud I, Hardha Marutha I, dan Gwa Wijaya Kopasgat Perkuat Rencana Operasi Udara Gabungan. 

-TNI Polri-307 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Langkah Kogasudgab Jalak dalam merencakan operasi militer perang (OMP) dimulai dengan pelaksanaan Gladi Posko, yang dilaksanakan di Gedung Roesmin Nurjadin bagi unsur pelaku, dan di Lobi Makoopsud I serta di Ruang Rapat Suryadarma untuk unsur Komando Latihan serta unsur kendali operasi. (Selasa, 23-08-2022).

Kogasudgab Jalak merupakan satuan khusus yang bertujuan melaksanakan operasi udara gabungan guna menghancurkan kekuatan militer musuh dan sekitarnya, guna merebut keunggulan udara, membatalkan niat musuh serta membantu operasi Kogasgab lainnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kogab TNI.

Kogasudgab terdiri dari bermacam unsur satuan tugas dan satuan pesawat, yaitu Satgas Intel, Satgas Personel, Satgas Informasi, Satgas Komlek, Satgas Hanud, Satgas Teritorial, Satgas Kesehatan, Satgas Dukungan Operasi, Satgas Dukungan Logistik, Satgas Khusus, Satpes Tempur, Satpes Angkut, Satpes Heli dan Satpes Intai.

Gladi Posko pada hari pertama, Senin (22/08), dipimpin oleh Kepala Staf Koopsud I Marsma TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han., selaku Kaskogasudgab (Kepala Staf Komando Tugas Udara Gabungan) melaksanakan rapat penyusunan Analisa Tugas Pokok Operasi yang disampaikan oleh masing-masing staf dengan perancangan cara bertindak (CB) I, II, III dan IV.

Pada rancangan hari kedua, Selasa (23/08) Unsur satgas yang terlibat membuat Rencana Pelibatan, Rencana Pergerakan, serta Produk-produk dokumen kebutuhan untuk perang.

“Penyusunan Analisa Tugas ini sangatlah penting ketika menghadapi situasi nyata nanti. Hal tersebut dapat menjadi patokan ketika akan membuat Prinsiap, Renlibat, hingga Rengerak” ujar Kaskoopsud I.(***)