oleh

Gowes Bersama Paguyuban sepedea ontel Taman Miini Indonesia Indah (TMII), Danpusterad: “Bangsa yang berkarakter adalah bangsa yang menghargai budayanya”.

-TNI Polri-1.524 views

Bisnis Metro, JAKARTA – Dalam rangka menyemarakkan HUT TNI  ke 74 , Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) menggelar kegiatan Gowes bersama Paguyuban sepedea ontel Taman Miini Indonesia Indah (TMII), para tokoh masyarakat, awak media massa Jakarta Timur, dipimpin langsung Danpusterad Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, M. A. mengitari TMII Start dan Finish di Mapusterad Jalan Raya Setu Jakarta Timur, Kamis 26 September 2019.

Tidak kurang dari 300 orang gabungan dari angota jajaran Pusterad, para tokoh masyarakat, anggota paguyuban sepeda ontel TMII dan para awak media massa dengan menggunakan pakaian adat daerah masing-masing dan pakaian tradisional pejuang, sudah berkumpul di Mapusterad pukul 06.30 WIB diawali dengan pemeriksaan kesehatan, dilanjutkan pemanasan dan menuju titik start didepan Mako Pusterad menunggu pelepasan ratusan balon tanda dimulainya kegiatan.

Gowes bersama ini menempuh perjalanan kurang lebih 16 kilometer mengambil rute mengitari Taman Mini Indonesia Indah dan kembali ke Mapusterad mengikuti acara ramah tamah dan pengundian puluhan dorprize menarik.

Danpusterad, Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, M. A yang juga sangat menggemari olah raga sepeda dalam sambutannya mengatakan : Kegiatan gowes yang baru saja kita laksanakan dengan penuh semangat dan gembira, selain sehat, murah, ramah lingkungan, juga merupakan salah satu dari unsur pembinaan mental dan fisik serta sekaligus sebagai sarana rekreasi bersama yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi, berkumpul dan untuk memasyarakatkan budaya bersepeda. Hal ini tentunya selaras dengan Tema Hari Ulang Tahut ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 yang belum lama ini kita peringati yaitu ”Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju”.

Bangsa yang berkarakter “lanjut Danpusterad” adalah bangsa yang menghargai budayanya. Dan Indonesia kaya dengan beragam budaya itu, hal ini tergambar pada gaya busana para pahlawan yang sesuai dengan daerah asal mereka. Karena itulah menuju perayaan hari ulang tahun ke-74 TNI yang diperingati setiap 5 Oktober, akan membawa kita mengenang kembali gaya khas para Pahlawan bangsa sebagai cikal bakal lahirnya TNI.

Lebih jauh Danpusterad mengatakan : Pakaian tradisional yang kita kenakan hari ini mencerminkan kesederhanaan sekaligus mengenang sikap Panglima Besar Soedirman sebagai bapaknya TNI dan salah satu pejuang yang selalu mengedepankan kepentingan rakyat dalam setiap perjuangan di manapun berada, beliau selalu dekat dengan rakyatnya. Oleh karena itu melalui kegiatan gowes bersama ini, diharapkan terciptanya suasana keharmonisan dan kedekatan serta kerja sama yang baik antara TNI dengan seluruh komponen masyarakat khususnya yang ada di Jakarta Timur ini, tutupnya.

Ketua Panitia penyelenggara Dansatintelter, Kolonel Inf I Made Riawan, S. Psi ketika ditanya tujuan dari kegiatan ini mengatakan : Seperti yang tertera di spanduk bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia dengan harapan dapat menanamkan kecintaan terhadap TNI dan kebanggaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ditambahkannya pula, Tema yang diangkat, “Gowes Bersama TNI, Rakyat Sehat” sejalan dengan Tema HUT TNI kali ini yaitu :”TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”. Profesionalitas prajurit mustahil dapat tercapai tanpa didukung kesehatan yang prima. (Yuni)

News Feed