oleh

Grebek Stunting, Dandim 0502/JU Beri Bantuan

-Berita Utama-225 Dilihat

Jakarta Utara – Komandan Kodim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA, bersama Forkopimko Jakarta Utara melakukan kegiatan Grebek Stunting di Kompleks Asrama Kebersihan RW 03. Kel. Semper Barat Kec Cilincing Jakarta Utara, Rabu (13/7/2022).




Kegiatan Grebek Stunting dengan tema “Bersama Rakyat Mewujudkan Keluarga Sehat dan Sejahtera Bebas dari Stunting Untuk Indonesia Kuat,” tersebut dilaksanakan oleh Dandim 0502/JU dengan mendatangi rumah balita yang berkaitan dengan stunting serta memberikan bantuan sembako secara simbolis .

Dalam keterangannya kepada awak media, Dandim menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dialami keluarga yang anaknya terindikasi menderita stunting.

Oleh karena itu, Dandim menyebutkan jika keluarga menjadi tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Misalnya, dengan pencegahan sebelum perkawinan sampai 1000 hari fase kehidupan. Dimana keluarga sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, yang menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

“Keluarga merupakan suatu wadah yang sangat menentukan masa depan generasi penerus di masa depan,” ucapnya.

Jadi fokusnya itu adalah kualitas. Bagaimana kita membentuk keluarga berkualitas, keluarga yang juga melahirkan sumber daya manusia yang unggul untuk ke depannya, Dandim juga berharap melalui kegiatan kali ini, benar-benar dapat menjadi sebuah waktu renungan bagi setiap keluarga untuk membangun kualitas sumber daya manusia yang terbaik bahkan sejak sebelum anak dilahirkan.

” Cara terbaik yang perlu dilakukan untuk mencegah stunting dimulai sejak calon ibu sebelum menikah, setelah menikah bayi dalam kandungan janin perlu diberikan asupan gizi yang baik dan seimbang serta memperhatikan pemeriksaan kesehatan ibu selama masa kehamilan untuk memastikan berat badan ibu sesuai dengan usia kehamilan,” imbuhnya.

Karena stunting ini selain pertumbuhan terhambat, stunting juga berkaitan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang bisa menyebabkan akademis yang kurang,” pungkas Dandim.

Bapak Sainan selaku Ketua RW 03 Kel.Semper Barat mengucapkan terima kasih Kepada Dandim 0502/JU beserta jajaran serta Forkopimko Jakarta Utara yang memberikan perhatian kepada warganya yang mengalami stunting.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kompol R. Manurung (Mewakili Kapolres Ju), Ibu Marlinda (Mewakili Walikota Adm Jakut), Mayor Inf Suwaryono (Danramil-05/ Cilincing), Mayor Kav Teguh (Danramil Tanjung Priok), Mayor Arm Sidik (Danramil Kelapa Gading), Kapt Kav Didiik Hendro P (Pasi Intel Kodim 0502/Ju) , Ibu Annisya R. (Sudin Sosial Jakarta Utara), Dr. Sigit (Ka Puskes Kecamatan Cilincing) dan Bpk Maryono (Lurah Semper Barat).

Sumber Pendim 0502/JU