oleh

Hasil Survei Populi Menunjukkan Masyarakat Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi

-Nasional-324 Dilihat

Bisnis Metro,JAKARTA- Hasil survei terbaru lembaga penelitian kebijakan dan opini publik, Populi Center, menunjukkan peningkatan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi. Presiden Jokowi dinilai berhasil menjalani arah pemerintahan termasuk melewati masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Pada survei yang dilakukan Oktober 2021 lalu, Populi mencatat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah berada di level 60,7 persen, sedangkan survei terbaru yang dilakukan pada Maret tahun ini tingkat kepuasan masyarakat meningkat menjadi 62,4 persen. Hal ini juga dapat dikatakan bahwa gambaran kolaborasi pemerintah dan antar instansi pemerintah khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 dan berbagai isu pemerintahan lainnya dilakukan dengan baik selama tahun ini.

Dari 62,4 persen itu, sebanyak 57,4 persen menyatakan sangat puas dan 5 persen masyarakat menyatakan puas. Sementara terdapat 32,8 persen masyarakat menyatakan ketidakpuasannya pada pemerintahan saat ini dimana yang menyatakan tidak puas sebesar 29,3 persen dan sangat tidak puas 3,5 persen.

Sementara itu terdapat 4,8 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei ini digelar pada 21-29 Maret 2022 dengan jumlah responden 1.200 orang yang tersebar proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Responden dipilih menggunakan metode acak bertingkat.

Pengambilan data dalam survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka. Populi Centre menyatakan survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Tujuan dari survei ini adalah untuk melihat dinamika politik jelang Pemilu 2024 yang kian dekat, serta isu-isu nasional yang baru-baru ini menghangat.
sumber: Hms KemenPANRB