oleh

HUT Ke-59 Kowal, Kasal: Sudah Diproyeksikan Kekuatan Kowal Sebagai Prajurit Sama dengan Prajurit laki-laki

Bisnismetro.id, JAKARTA – Puncak Peringatan HUT ke-59 Korps Wanita TNI AL (Kowal) dilaksanakan secara sederhana dan terpusat di Markas Besar TNI AL (Mabesal), Jakarta Timur pada Rabu (5/1). Dalam kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut seorang Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) baik di satuan maupun di rumah sama pentingnya. Dia meminta, peran itu bisa dilakukan secara serasi dan selaras.

“Anggota Korps Wanita juga berperan menjadi seorang istri dan sekaligus sebagai seorang ibu dalam kehidupan rumah tangga. Semua peran itu sama pentingnya, sehingga harus mampu dijalankan secara serasi, selaras dan seimbang, agar tak ada peran yang terabaikan,” tutur Yudo.

Sebagai prajurit, kata Yudo, Kowal harus profesional, tegar, tangguh dan militan. Sementara itu, tugas sebagai seorang istri, Kowal wajib mengurus rumah tangga dan berbhakti kepada suami.

“Dan selaku ibu, anggota Kowal itu menjadi pengasuh, pelindung serta pendidik bagi buah hatinya,” ucapnya.

TNI AL juga memberi kesempatan kepada personel Kowal untuk terus berkembang di tempat mereka bertugas. Kenaikan pangkat serta karir juga disamaratakan dengan personel TNI AL lainnya.

Yudo menyebut instansinya sudah menempatkan Kowal di berbagai posisi dan beragam satuan. “Di kotama (komando utama), di KRI bahkan di lanal (pangkalan TNI AL) di seluruh jajaran,” imbuhnya.

Sebagai pembina personel TNI AL, KSAL menyatakan bahwa dirinya memberi kesempatan kepada Kowal untuk terus mengembangkan diri. Dia memastikan tidak ada perbedaan perlakuan antara prajurit laki-laki dengan Kowal.

“Sudah kita proyeksikan semua kekuatan Korps Wanita Angkatan Laut, sehingga sebagai prajurit yang sama dengan prajurit laki-laki,” kata dia.

KSAL Yudo berpesan, Kowal harus senantiasa menjunjung tinggi kehormatan, menjaga tutur kata, etika, perilaku dan penampilan. Baik itu dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari.

“Ini selaras dengan sesanti korps wanita tni angkatan laut, pengabdian dan kehormatan adalah jiwaku,” jelasnya.

Peringatan HUT ke-59 Kowal ditandai dengan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun kepada perwakilan Koeal Letkol Laut (KH/W) Ernawati, tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun kepada Mayor Laut (S/W) Wahyu Kartika

Kemudian, untuk perwakilan penerima tanda kehormatan Satya Lencan Kesetiaan 8 Tahun kepada Seru Bek/W Tri Kusuma Wardani.(Yuni)***

News Feed