oleh

Inilah Aktivitas Pengawak Kapal Patroli Bakamla RI/IDNCG Saat Sandar di Pulau Terdepan

-Nasional-1.308 views
Bisnis Metro, RIAU — Sebagian besar kehidupan pengawak kapal patroli Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) dijalani di tengah laut untuk melakukan tugas penjagaan keamanan dan keselamatan laut. Namun sesekali akan sandar di dermaga untuk melakukan tugas lainnya, seperti yang dilakukan di Desa Sabang Mawang, Kec. Pulau Tiga, Kab. Natuna, Prov. Kepulauan Riau, beberapa hari yang lalu.
Di pulau terdepan dan terluar inilah para personel Tanjung Datu 301 bahu membahu melakukan aktivitas pembersihan dermaga dan masjid, sesaat setelah sandar pada Kamis (22/8). Aktivitas pembersihan dipimpin oleh Kepala Kamar Mesin (KKM) KN Tanjung Datu Letkol Bakamla Maswir, S.T. dengan area di lingkungan sekitar dermaga serta lingkungan luar dan dalam Masjid An Nushur.
Selama aktivitas berlangsung, terjadi interaksi antara pengawak Bakamla RI dengan masyarakat sekitar, yang menjadi salah satu bentuk media informal untuk mensosialisasikan tentang Bakamla RI, beserta tugas dan fungsinya. Interaksi inipun berlanjut dalam olahraga bersama pertandingan Voli antara ABK Tanjung Datu dengan Masyarakat Pulau Sabang Mawang di Lapangan Voli Sabang Mawang. Selain sebagai aktivitas rutin untuk menjaga kebugaran dan stamina yang prima, olah raga ini juga menjadi satu hiburan tersendiri bagi para penjaga laut nusantara.
Bukan itu saja, pada hari yang sama, kedatangan kapal patroli terbesar Bakamla RI ini rupanya menarik minat anak-anak dari warga sekitar, yang disambut baik dengan mengajak anak-anak tersebut mengunjungi Pojok Baca Digital (Pocadi), yaitu layanan pustaka kapal yang dilengkapi dengan berbagai macam buku. Semangat belajar yang tinggipun tercermin dari keseriusan anak-anak saat membaca. Meskipun tinggal di Pulau terdepan dan terluar, namun mereka mempunyai semangat tinggi untuk membaca dan belajar hal-hal baru.
Hal itu menjadi satu kebanggan tersendiri bagi Bakamla RI untuk senantiasa melayani dan memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara, tidak terkecuali pelayanan bagi masyarakat di Pulau Terdepan ini.
Sumber: Bakamka RI
Editor: Yuni

News Feed