oleh

ITPLN Lakukan Kunjungan Ke Workshop PT Elvindo 

Bisnismetro.id, TANGERANG – Dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam perpres No. 55 Tahun 2019 tentang mempercepat program kendaraan motor berbasis Baterai pada 12 Agustus 2019.

Institut Teknologi PLN (ITPLN) melakukan kunjungan ke workshop PT Elvindo di bilangan Balaraja, Kabupaten Tangerang untuk membahas kerja sama dalam upaya pengembangan motor listrik & teknologi terbarukan. Acara tersebut berlangsung pada pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT selaku Rektor ITPLN, Bapak Drs. Muh. Ahsan, MM Selaku Wakil Rektor II, Bapak Dr. Ir. Soetjipto Soewono, Dipl. GE selaku Wakil Rektor IV dan juga manajer dari bagian terkait. Sementara itu dari pihak ELVINDO yang hadir adalah Bapak Hengky Wijaya selaku President Director dan Bapak Andri Wijaya selaku Manajer Operasional ELVINDO yang bertempat di Cikupa, Tangerang.

Dalam sambutannya Prof. Iwa mengatakan bahwa pengembangan motor listrik sangatlah penting mengingat kedepannya akan banyak peluang untuk penggunaan motor listrik dalam sekala nasional, “Penggunaan motor listrik dapat dimulai dari kalangan internal ITPLN atau PT PLN (Persero), misalnya untuk kendaraan operasional di kantor atau di area pembangkit listrik,” Ujar Prof. Iwa dalam sambutannya (2/12).

Selain untuk mendukung program pemerintah, Elvindo dan IT PLN juga ingin berpartisipasi dalam menjaga lingkungan agar tidak menambah polusi yang akan menyebabkan pencemaran udara di Indonesia yang saat ini menjadi sorotan dunia karena menjadi negara yang memiliki tingkat polusi udara yang tinggi.

Pengembangan motor listrik sejalan dengan fokus Institut Teknologi PLN yaitu dalam bidang ketenagalistrikan, terlebih lagi di ITPLN sudah ada Pusat Penelitian dan Pengkajian khusus untuk Kendaraan Listrik. Tentunya dapat menjadi peluang untuk penelitian yang dapat menghasilkan khasanah ilmu-ilmu baru.

Dengan menggunakan Kendaraan motor bertenaga listrik bisa menjadi salah satu komitmen dalam upaya menurunkan emisi Gas Rumah Kaca pada tahun 2030 sekaligus menjaga ketahanan energi, khususnya di sektor transportasi darat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan berkunjung ke area perakitan kendaraan motor listrik milik PT ELVINDO dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut dalam rangka turut mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia.(***)

News Feed