oleh

Jaga Kelestarian Budaya Nusantara, Ketum PINKAN Indonesia Berikan Sumbangan Alat Musik Kolintang untuk Warga Rusunawa Cakung Barat. 

Bisnismetro.id, JAKARTA – Ketua Umum DPP Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia ibu Penny Marsetio memberikan sumbangan seperangkat alat musik Kolintang di Rusunawa Cakung Barat kelurahan Cakung Barat Kecamatan Cakung Jakarta Timur pada Minggu 5 Juni 2022.

Untuk melestarikan dan menjaga budaya Nusantara agar dicintai oleh bangsanya sendiri harus dilakukan sejak dini. Salah satunya dengan cara mengenalkan kepada generasi muda atau generasi milenial. Upaya ini dilakukan oleh ibu Penny Marsetio selaku Ketua Umum PINKAN Indonesia dengan memberikan sumbangan alat musik Kolintang untuk warga Rusunawa Cakung Barat.

Dalam sambutannya, Penny Marsetio menyampaikan bahwa alat musik Kolintang adalah milik bangsa Indonesia yang berasal dari Minahasa Sulawesi Utara jangan sampai diakui oleh negara lain. Untuk itu kita wajib menjaga dan melestarikannya. PINKAN Indonesia telah melaksanakan beberap lomba tingkat nasional sehingga kedepan sanggar atau grup musik dari Rusunawa bisa ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba yang akan datang. Ditambahkan juga, bahwa dengan bermusik kita bisa keliling dunia untuk memperkenalkan musik Kolintang sampai ke mancanegara.

Penyerahan alat musik Kolintang ini diserahkan dari ibu Penny Marsetio kepada Pembina Kerukunan Keluarga Rusunawa Cakung disaksikan oleh Ketua RT dan warga sekitarnya. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan maestro musik Indonesia Dwiki Dharmawan yang memainkan beberapa lagu yang berkolaborasi dengan para Pelatih Kolintang.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu maestro musik Indonesia Dwiki Dharmawan, Para Pengurus DPP PINKAN Indonesia dan para Pelatih Kolintang.(***)