oleh

Jajaran Koopsud I Bentuk Satgasduk Operasi Murai Sakti-22 untuk Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi di Cianjur.

Bisnismetro.id, CIANJUR – Lanud di jajaran Koopsud I, dalam hal ini Lanud Atang Sendjaja dengan unsur helikopternya bersama Lanud Husein Sastranegara membentuk Satgasduk Operasi Murai Sakti-22 untuk Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi di Cianjur dengan Posko Induk berada di Skadud 6 Lanud Ats.

Satgasduk yang di Bogor dipimpin Danlanud ATS Marsma TNI Suliono, S.Sos. sebagai Dansatgas dan Posko yang berada di Bandung dpimpin Danlanud HSN Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Darma, S.T., M.M., M.Han, sebagai Wadan Satgas.

Posko-posko TNI AU telah tergelar di beberapa titik untuk dapat menyalurkan logistik ke wilayah terdampak bencana di Cianjur. Total logistik yang telah tersalurkan melalui heli dari Lanud Atang Sendjaja Bogor mencapai 10.647 Kg.

Diantaranya unsur dalam Satgas yang terlibat, unsur helikopter yang dipimpin oleh Letkol Pnb Ageng W., dengan anggota 66 personel, pada hari Sabtu, 26-11-2022, melaksanakan penyaluran bantuan sosial dengan menggunakan heli Super Puma dari Lanud Atang Sendjaja Bogor yang dilaksanakan 6 sorti, Heli Dauphin 1 sorti, heli AW-139 1 sorti.

Unsur Kopasgat yang dipimpin oleh Letkol Pas Renry A. dengan beranggotakan 225 personel PGT yang mendirikan posko serta kesiapan dukungan lainnya dalam mendukung penanganan pasca bencana gempa bumi. Unsur kesehatan yang dipimpin oleh Letkol Kes dr. Whiko, Sp.B., dengan anggota 19 orang untuk siap standby dengan 4 tenda Kesehatan beserta kelengkapannya.

Meskipun terkendala Cuaca, Traffic dan kondisi Spot yang terbatas semangat para personel Satgas bencana TNI AU dengan sigap selalu siap menyalurkan bantuan ke wilayah terdampak bencana di Cianjur.(***)