oleh

Jelang PSBB Tangerang Raya, PSI Donor Darah dan Pasang Wastafel untuk Masyarakat

-Megapolitan-316 views

Bisnis Metro.id,TANGERANG SELATAN- Sehari sebelum pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Raya, Jumat (17/8/2020) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan aksi sosial donor darah dan pemasangan tempat cuci tangan di beberapa lokasi.

Aksi donor darah dilakukan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Tangerang Selatan (Tangsel) dengan mendatangi kantor Palang Merah Indonesia (PMI). Ketua DPD PSI Tangsel, Andreas Arie, mengatakan, aksi donor darah ini akan diteruskan secara oleh kader-kader PSI secara bergantian.

“Selama masa pandemik Corona, stok darah di PMI Tangsel mengalami penurunan secara signifikan. Kader-kader kami akan bergiliran datang untuk mendonorkan darah di PMI,” ujar Andreas.

Penyataan Andreas dibenarkan Staf Pelayanan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Tangsel, M. Fajar. Menurut Fajar, sejak ditemukan pasien positif COVID-19 di Indonesia, jumlah pendonor di PMI Tangsel mengalami penurunan hingga 60 persen. “Banyak pendonor yang tidak berani mendonorkan darah, padahal kami sudah melakukan pencegahan penularan COVID-19 secara maksimal.

Fajar menyebutkan, stok darah saat ini tinggal tersisa 600 kantong, Padahal biasanya terdapat minimal 1.200 kantong darah. “Kami sekarang mencoba menjemput bola, bahkan jika ada sepuluh orang yang mau mendonorkan darah akan kami datangi,” ujarnya. Karena itu, Fajar mengapresiasi kedatangan kader-kader PSI untuk mendonorkan darah saat ini.

Selain Andreas, dua anggota DPRD Tangsel dari Fraksi PSI, Aji Bromokusumo dan Alexander Prabu ikut datang mendonorkan darah. Ikut pula Bacawalkot Tangsel, Kokok Dirgantoro, dan jubir PSI, Sigit Widodo.

Setelah mendonorkan darah, kader-kader PSI melanjutkan aksi dengan memasang wastafel di tempat-tempat strategis dan membagikan tempat cuci tangan dan sabun di kampung-kampung. Sebelumnya, PSI telah melakukan aksi pemasangan wastafel dan pembagian tempat cuci tangan sama di Kota Tangerang.

“Kami berharap masyarakat Tangsel bisa mudah mencari tempat cuci tangan di masa PSBB yang akan dimulai besok. Mencuci tangan secara teratur dapat mencegah penularan Virus Corona,” pungkas Andreas.

News Feed