oleh

Kadispenal cerahkan ratusan mahasiswa universitas nasional tentang information warfare

-TNI Polri-61 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, menjadi pembicara dalam Seminar Nasional tentang Strategi Komunikasi TNI AL Dalam Membina Hubungan Masyarakat Melalui Media, di Universitas Nasional, Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis, (28/07).

Dalam paparannya dihadapan 150 peserta seminar, Kadispenal menjelaskan, Peperangan informasi merupakan suatu tindakan secara langsung atau tidak, baik pada masa damai maupun masa krisis (perang) yang menyentuh pada bidang sosial, ekonomi, industri dan sistem informasi elektronik militer.

“Perang informasi dilakukan untuk memanipulasi, meniadakan, mengacaukan atau menghancurkan informasi dan sistem informasi lawan,” ungkap Mantan Komandan Lanal Denpasar ini.

Perang informasi, lanjut Kadispenal, juga dikatakan sebagai perang media atau opini yang menjurus pada propaganda atau pshycology warfare. “Walaupun propaganda itu bagian dari peperangan informasi,” tandasnya.

Dalam seminar nasional yang juga diikuti 200 peserta melalui video conference, Laksma Julius juga menjelaskan tujuan perang informasi untuk mendapatkan keuntungan bidang informasi atas lawan serta untuk mempengaruhi perilaku, menangkal atau mengakhiri konflik.

“Perang informasi untuk memenangkan perang dengan cepat dengan pengeluaran modal, sumber daya dan personel yang minimum serta korban yang minimum dari kedua belah pihak,” tuturnya.

Secara detail mengutip dari Megan Burns (Carnegie Mellon University), Kadispenal menyampaikan pula lima tahapan dalam perang informasi. Mulai pengumpulan informasi, pengiriman informasi, perlindungan informasi, manipulasi informasi dan penggangguan, pelemahan, dan penolakan informasi.

“Termasuk memalsukan informasi sehingga sistem musuh memilih keputusan yang salah, dan juga memblokade arus informasi,” ungkapnya jelas.

Seminar nasional ini diselenggarakan oleh Universitas Nasional dengan dibuka oleh Wakil Dekan 2 Universitas Nasional Dr. Aos Yuli Firdaus, M.Si.

Adapun digelarnya seminar selain bertujuan untuk mensosialisasikan tugas – tugas strategis Dinas Penerangan TNI AL kepada masyarakat khususnya mahasiswa, juga memberikan pencerahan kepada mahasiswa tentang perang informasi yang terus berlangsung setiap saat. (Dispenal)***