oleh

Kasal: Rencanakan dan Gunakan Setiap Sen Anggaran Dengan Perhitungan Yang Cermat.

-TNI Polri-88 Dilihat

Bisnismetro.id, SORONG – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL, salah satunya dalam penggunaan aplikasi Sakti (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi), Dinas Perbekalan Angkatan Laut (Disbekal) menyelenggarakan Kursus Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi (Simak) Barang Milik Negara (BMN) yang dibuka Kasubdis BMN Kolonel Laut (T) Didit Aditama Riyadi mewakili (Kadisbekal) Laksamana Pertama TNI Eko Purwanto bertempat di Lantamal XIV Sorong, Senin (06/06).

Aplikasi Sakti (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) yang menjadi salah satu materi dalam kursus BMN ini dibuat oleh Kemenkeu secara online untuk mendukung pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran.

Kursus Simak BMN ini merupakan salah satu mata rantai kegiatan bidang personel dalam menyiapkan dan meningkatkan kualitas SDM, yang akan maupun sudah ditempatkan sebagai pengawak Simak BMN di lingkungan TNI AL. Hal ini sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan Profesional.

Kegiatan dengan peserta para Bintara dan Tamtama serta PNS sederajat yang bertugas di bidang logistik/pembekalan ini akan dilaksanakan dalam 3 gelombang dimana gelombang I dan II diikuti masing-masing sebanyak 25 orang operator BMN jajaran Koarmada III, Sorong. Sementara gelombang ke III akan dilaksanakan di Kolat Koarmada I diikuti 30 peserta operator BMN TNI AL seluruh Indonesia.

Kadisbekal dalam sambutan yang dibacakan Kasubdis BMN mengatakan sasaran dari kegiatan ini adalah agar para peserta dapat lebih mengetahui dan memahami serta mampu menjabat sebagai operator Simak BMN, melaksanakan penatausahaan dan penatabukuan BMN, baik secara manual maupun menggunakan sarana aplikasi Simak BMN dan aplikasi Sakti dengan berpedoman pada peraturan-peraturan dan petunjuk teknis yang berlaku.

Sementara itu, materi yang akan diberikan meliputi: penatabukuan persediaan BMN, Transfer Keluar Transfer Masuk (TKTM), aset, penghapusan Simak BMN, pemanfaatan BMN, pelaporan BMN, kapitalisasi, aplikasi persediaan, aplikasi Simak BMN, pengenalan organisasi BMP. trouble shooting aplikasi Simak BMN (versi 21.2.1), Saiba dan pengenalan aplikasi Sakti.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menekankan agar merencanakan dan menggunakan setiap sen anggaran dengan perhitungan yang cermat dan masuk akal sehingga tepat sasaran, tidak “copy paste” dengan perencanaan terdahulu.

Kadisbekal berharap dengan kursus ini nantinya para peserta yang ditugaskan sebagai operator Simak BMN di tingkat Satker, di tingkat Kitama, dan tingkat UO TNI AL telah siap dan dapat menerapkan ilmu dan pengetahuannya sehingga secara langsung dapat mendukung tugas pokok TNI AL.(***)