oleh

Kasal: Syarat Jadi Prajurit Profesional Adalah Terlatih, Terdidik dan Dilengkapi Sarpras Secara Baik

-TNI Polri-56 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan penggunaan sarana dan prasarana di lingkungan Lantamal III Jakarta yakni Rumjab Koorsahli dan Asisten Kasal, perbaikan Gedung Serba Guna Mess Kowal Kartini, Mess Perwira Pati Unus 3, 4, 5, 6, Gudang Disbek Lantamal III dan Pembangunan SPBT Terpadu I TNI AL Tahun 2022 bertempat di Mess Kowal Kartini, Sunter Jakarta Utara. Rabu (8/6)

Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemimpin TNI Angkatan Laut saat ini telah bertekad dan berkomitmen untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan lebih baik yang dibutuhkan oleh prajurit dan operasional organisasi di seluruh Jajaran TNI Angkatan Laut. Sarana prasarana tersebut meliputi fasilitas pangkalan, pendidikan, latihan, olahraga, perkantoran, hunian, kesehatan dan fasilitas lainnya.

Selanjutnya Kasal menjelaskan upaya pembangunan sarpras tersebut dilandasi oleh kesadaran bahwa syarat untuk menjadi prajurit profesional diantaranya adalah terlatih, terdidik, dilengkapi sarpras secara baik dan dijamin kesejahteraannya. Kesemuanya merupakan elemen-elemen yang saling mempengaruhi dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, sehingga memerlukan pembangunan yang selaras dan seimbang.

Lebih jauh Laksamana Yudo menerangkan pembangunan berbagai fasilitas tersebut selain untuk memberikan fasilitas yang lebih baik dan memadai, juga merupakan konsekuensi dari upaya penataan dan validasi organisasi, seperti pembangunan Rumah Jabatan untuk Pangkoarmada RI, penyediaan fasilitas pendidikan yang modern, seperti Laboratorium STTAL, serta upaya membangun efisiensi operasional pelayanan, seperti pembangunan SPBT Terpadu.

Kasal dalam berbagai kesempatan sering mengatakan segala sesuatu yang telah dikerjakan selama ini dapat memacu seluruh pejabat untuk tidak menyia-nyiakan masa jabatan yang ada batas waktunya, dengan cara berkarya dan menjadi manfaat bagi organisasi. “Itulah cara terbaik bersyukur kepada Tuhan, berbakti kepada negara dan bermanfaat bagi sesama. Apabila ini menjadi kesadaran dan tekad kita semua, niscaya TNI Angkatan Laut akan benar-benar Jayamahe,” ujarnya.

Kasal juga mengajak untuk terus mengerahkan segala daya upaya membangun TNI Angkatan Laut dan berani membuat perubahan yang baik demi kejayaan TNI Angkatan Laut. “Ibarat perjalanan ribuan mil yang tersusun dari langkah demi langkah, maka kejayaan TNI Angkatan Laut juga terbentuk dari perubahan-perubahan yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. oleh karena itu, beranilah berubah dan usahakan membuat perubahan yang baik, sekecil apapun itu,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Laksamana Yudo berpesan untuk menjaga dan merawat sarpras yang telah dibangun tersebut. “Bahwa fasilitas ini merupakan milik kita bersama yang dibangun dengan uang rakyat, oleh karena itu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga, merawat dan mengelola sehingga tujuan dari pembangunan sarana prasarana ini dapat terwujud sesuai harapan kita semua,” pungkasnya.

Hadir pada acara peresmian ini Wakasal, para Pejabat Utama Mabesal, Para Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Jakarta, para Kasatker Mabesal, Danlantamal III Beserta Staf, Pimpinan PT. Wijaya Karya Nusa Cipta, Pimpinan PT. Berkat Samudera Bersama, Pimpinan PT. Borneo Sukses Makmur, Pimpinan PT. Bhakti Nusantara Mandiri, dan para pejabat lainnya.(***)