oleh

Kasau Apresiasi Depohar 10 Dalam Merebut Kemampuan Overhoul Propeler Pesawat  C 130

-TNI Polri-1.342 views

Bisnis Metro, BANDUNG – Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., kembali memberikan apresiasi Depohar 10 dalam merebut kemampuan Overhoul Propeler Pesawat  Hercules C 130. Apresiasi tersebut diberikan saat kunjungan kerjanya di Bengkel PropellerSathar 13 Depohar 10 Koharmatau, Lanud Husein S Bandung, Selasa (12/11/19).

Kasau saat didampingi Komandan Komando Pemeliharaan Materiel Angkatan Udara (Koharmatau) Marsda TNI Dento Priyono, menyampaikan kebanggaanya dan puas atas hasil inovasi yang dipersembahkan oleh para prajurit Sathar 13. Diharapkan kinerja seperti ini dapat juga dilaksankan oleh satuan lain diluar Koharmatau,

Apresiasi ini perlu diberikan, pasca melihat kinerja para Teknisi dalam melaksanakan Pemeliharaan tingkat berat Propeler Pesawat C 130. Kemampuan Overhoul ini diperoleh pada tahun 2018 dari Program Bantuan dari US Goverment secara bertahap, ungkap Kasau.
Program kerja sama antara TNI AU dengan Amerika ini pada awalnya hanya diperuntukan pada pemeliharaan propeller pesawat C-130 Hercules dan dibagi dalam beberapa phase atau tahap.

Phase I dilaksanakan dari tahun 2011 hingga tahun 2013 dengan materi seperti bongkar pasang (assembly-disassembly) propeller, perbaikan tingkat ringan hingga sedang (repair dan trouble shooting) komponen propeller, dan pengujian propeller serta pengadaan peralatan untuk mendukung pemeliharaan tersebut.

Phase II yang dilaksanakan dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2016, yakni pengembangan kemampuan Bengkel Propeller hingga tahap pemeliharaan tingkat berat (overhaul) komponen propeller diluar komponen blade dan barrel, termasuk pengadaan peralatan untuk pemeliharaan terkait.
Kasau mengatakan bahwa Overhoul Propeler Pesawat  Hercules C 130 pada usai jam terbang 5000 selama ini dikirim ke Luar Negeri dan sekarang kita sudah mampu melaksanakan sendiri dengan Teknisi Depohar 10. Ini merupakan keberhasilan kesekian kali untuk jajaran Koharmatau di bawah kepimpinan Marsda TNI Dento Priyono.

Menurutnya, pencapaian prestasi  yang kesekian kali ini membuktikan bahwa Profesionalitas, Militansi dan Inovasi anggota Koharmatau tidak perlu diragukan lagi,” papar Kasau.

Sementara Marsekal Muda TNI Dento Priyono selaku Dankoharmatau merasa bangga dan puas atas prestasi Satuan jajaranya dalam hal ini Depohar 10, yang sebelumnya prestasi yang luar biasa juga ditunjukkan Depohar 20, 40 dan 70 terkait dengan perbaikan Simulator Hawk 209” di Lanud Rusmin Nuryadin beberapa waktu yang lalu.

Sumber: Penkoharmatau

News Feed