oleh

Kasau dan Pejabat Utama TNI AU Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

-Nasional-80 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A., dan para pejabat utama TNI AU mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila melalui video conference (vicon) dari Auditorium Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Tahun ini upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dipusatkan di lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Peringatan hari lahir pancasila mengangkat tema “Bangkit Bersama Membangun Peradapan Dunia”.

Dalam amanatnya Presiden RI mengatakan, Kota Ende merupakan kota bersejarah bagi bangsa Indonesia. Di kota ini, Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan merumuskan Pancasila yang selanjutnya disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara.

“Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati Hari Lahir Pancasila di kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Di kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara,” ujar Presiden RI.

Presiden mengajak seluruh masyarakat untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Selain itu Presiden juga meminta agar Pancasila dapat diimplementasikan dalam sistem tata kelola pemerintahan dan interaksi sesama anak bangsa.

“Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita,” harap Presiden RI.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus membacakan teks Pembukaan UUD 1945 dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa.

Sejumlah pejabat utama TNI AU yang turut mengikuti upacara antara lain adalah Wakasau, Marsdya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han), Irjenau Marsekal Muda TNI R. Agung Handoko, S.H., M.M., M.H, Koorsahli Kasau Marsekal Muda TNI Hari Mursanto, para Asisten Kasau, dan Kapuslaiklambangjaau. Sementara pejabat dan personel jajaran TNI AU lainnya mengikuti upacara di satuannya masing-masing.(***)