oleh

KemenPUPR Bangun Gedung Laboratorium Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya

-Pendidikan-54 Dilihat

Bisnis Metro,JAKARTA– Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menyelesaikan pembangunan Gedung Laboratorium Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar serta sarana dan prasarana untuk mempersiapkan atlet di lingkungan UNESA.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pengembangan SDM telah menjadi salah satu agenda prioritas Presiden Joko Widodo bersama Wapres Ma’ruf Amin. “Kami ditugaskan melanjutkan pembangunan prasarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih baik karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri Basuki.

Gedung Laboratorium FIO dibangun oleh Kementerian PUPR sejak September 2021 dan rampung pada Mei 2022. Pekerjaan konstruksi dilakukan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur bersama PT Diatasa Jaya Mandiri selaku kontraktor pelaksana dan PT Riau Multi Cipta Dimensi selaku konsultan manajemen konstruksi.

“Pembangunan gedung ini sudah mengikuti standar dan peraturan yang berlaku. Selanjutnya, diharapkan UNESA bisa mengelola gedung ini dengan baik sesuai peruntukan. Kami harapkan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dalam membina atlet-atlet Jawa Timur dan Indonesia sehingga bisa lebih berprestasi lagi,” ujar Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Essy Asiah.

Gedung Laboratorium FIO terdiri dari empat lantai dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang yaitu ruang sauna, ruang whirlpool, ruang swim-max, ruang pengelola, ruang physical fitness test, ruang Latihan angkat berat, ruang aerobic, ruang studio, ruang micro teaching, ruang administasi, ruang dokter, ruang pelatih, ruang staff, ruang pengendali suhu, dan musholla. Sedangkan pada Gedung Laboratorium Eksisting terdapat fasilitas utama berupa fitness center dan kolam renang.

Selain fasilitas di dalam gedung, terdapat pula fasilitas di luar gedung diantaranya tartan track untuk latihan lari sprint jarak pendek, power house, rumah genset, ground water tank, area parkir dan landasan untuk kendaraan pemadam kebakaran. Gedung Laboratorium FIO ini dilengkapi juga dengan jembatan yang dapat menghubungkan lantai 3 Gedung Laboratorium FIO dengan lantai 3 Gedung Laboratorium Eksisting yang berada di sisi timur.

Telah dilakukan serah terima pengelolaan dan pembangunan lanjutan gedung tersebut dari Kepala BPPW Muhammad Reva kepada Rektor UNESA Nurhasan di Kampus Lidah Wetan UNESA, Surabaya, Selasa (5/7/2022).

“Setelah serah terima, gedung tersebut selanjutnya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan sehingga bisa langsung digunakan secara bertahap untuk pembinaan atlet DBON di UNESA yang program pembinaannya dimulai akhir Juli 2022,” kata Nurhasan. (*)

sumber: Biro Komunikasi Publik
KemenPUPR