oleh

Keterlibatan TNI AL  Dalam IPNIC, Pahami Pengembangan Visi Maritim 

Bisnismetro.id, JAKARTA – TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengikutsertakan perwiranya dalam kegiatan berskala internasional 6th Indo-Pacific Navy Planning Process International Course (IPNIC) yang diselenggarakan oleh Japan Maritime Self Defence Force (JMSDF) Command And Staff College dan U.S. Naval War College secara daring di Meeting Room Ha-Ka Resto Rasuna, Jakarta, Senin (13/06).

Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai 13 sampai dengan 24 Juni 2022 mendatang ini dibuka President Japan Maritime Self Defence Force (JMSDF) Command and Staff College, VADM Madono Tomohiko secara langsung dari Tokyo, Jepang.

Kegiatan  IPNIC yang sebelumnya bernama Asia-Pacific Navy Planning Process International Course, merupakan kegiatan kursus singkat yang dilaksanakan rutin setiap tahun oleh JMSDF Command Staff and College dan U.S Naval War College dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang proses perencanaan militer dalam pengembangan misi maritim di tingkat operasional dan taktis.

Staf Operasi Angkatan Laut (Sopsal) selaku kotama pembinaan fungsi operasional TNI AL mengikutsertakan 15 perwira yang terdiri dari perwakilan Sintelal, Koarmada I, Kolinlamil, Kormar, Seskoal, dan Disopslatal sebagai perwakilan TNI AL di Forum berskala Internasional yang juga diikuti oleh 19 negara dari belahan dunia lainnya.

Keikutsertaan TNI AL dalam forum ini merupakan tindak lanjut kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam  meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan diplomasi TNI AL, yang mana hal tersebut juga merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.(***)