oleh

Kizi TNI Minusca Bekali Masyarakat Afrika Tengah Cara Bercocok Tanam

Bisnis Metro, AFRIKA TENGAH – Satgas Kizi (Satuan Tugas Kompi Zeni) TNI Kontingen Garuda XXXVII-F/Minusca CAR (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic) buatkan kebun dan mengajarkan cara bercocok tanam kepada masyarakat lokal di Bimbo, Zona PK-11, Kota Bangui, Republik Afrika Tengah, Kamis (20/2/20).

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Letkol Czi Irsad Wilyarto, S.I.P menyampaikan, Benua Afrika dikenal dengan suhunya yang sangat ekstrem serta tumbuhan kaktus yang menjadi ciri khas di daerah gurun. Namun, dengan metode dan tata cara tanam yang benar, tanaman sayuran dapat juga tumbuh dengan subur.

“Hari ini kita dari Satgas Kizi TNI mengajarkan cara bercocok tanam kepada masyarakat lokal di Bimbo, diantaranya tomat, cabe, kangkung, kacang panjang dan ubi kayu.” ujar Dansatgas.

Lebih lanjut, sebelumnya satgas Kizi juga membuat akses jalan menuju kekebun, menyiapkan lahan sebelum ditanam, proses penanaman, pemupukkan serta perawatan tanaman tersebut.

“Selain sebagai tambahan sumber protein nabati bagi keluarga masyarakat lokal, juga dapat menambah penghasilan, yaitu dengan menjual hasilnya dipasar” ujar Letkol Irsad.

Dengan bekal ilmu bercocok tanam yang telah diperoleh, Dansatgas Kizi TNI Letkol Czi Irsad Wilyarto, S.I.P., mengharapkan masyarakat lokal bisa mengembangkan lagi dengan masyarakat lainnya, dimana masih terdapat banyak lahan kosong, ungkap Letkol Irsad.

Sumber: Humas PMPP

News Feed