oleh

Kota Tangsel tuan rumah Rembuk Integritas Nasional seri V 2019

-Megapolitan-439 views

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Dalam rangka Hari Anti Korupsi Dunia 2019 dengan tagline Menuju Indonesia bebas dari korupsi. Kolaborasi Integritas Nasional mengadakan acara Rembuk Integritas Nasional seri V di Kota Tangerang Selatan.

Mengangkat tema, Urgensi UU Integritas Nasional untuk mitigasi resiko strategis, kemandirian dan keunggulan bangsa dalam pencapaian kesejahteraan rakyat (Tunas/Tujuan Nasional) secara berintegritas tinggi, diselenggarakan di Serpong Kota Tangsel, Senin sampai Rabu (25/11/2019).

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, dalam penjelasannya mengatakan bahwa RIN seri V ini digelar, karena beberapa waktu sebelumnya sudah dilakukan diberbagai kota.

“Jadi setiap tahun, diinisiasi oleh Kolaborasi Integritas Nasional, hari ini selama 3 hari di Kota Tangerang Selatan diikuti oleh 300 an peserta dari berbagai daerah,” ungkap Benyamin Davnie.

Rembuk mulai 25-27 November 2019 di Kota Tangsel ini akan merumuskan nilai-nilai budaya integritas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

RiN seri V ini juga akan mendorong dilahirkannya UU Tentang Integritas Nasional. “Tapi dalam diskusi pertama tadi, sudah berkembang bahwa bukan saja dalam teknik penyelenggaran pemerintahan saja, tapi dalam sektor kehidupan yang lain perlu juga integritas seperti itu,” ucap Ben, disela istirahat makan siang usai diskusi pertama, di Hotel Grand Zurri Serpong.

Benyamin, hari ini bertindak sebagai moderator acara, dihadiri beberapa narasumber, diantaranya Rektor UIN Syarif Hidayatullah Prof Amany Lubis, Kementerian Dalam Negeri, DPRRI Komisi 3 Muhamad Nasir Djamil, BPKP Provinsi Banten.

Dalam diskusi kedua selanjutnya, kata Ben, peserta akan dibagi 3 kelompok, dan yang menjadi penyelenggaranya adalah Inspektorat Kota Tangsel. “Narasumbernya di diskusi nanti akan lebih ramai lagi, dan saya berharap budaya integritas itu akan menjadi sebuah perlaku, bukan saja slogan atau menjadi norma yang tidak dapat dilaksanakan, tapi menjadi perilaku di lingkungan birokrasi, dan seperti disampaikan dari Komisi 3 DPRRI Pak Nasir Jamil Integritas Nasional harus masuk sektor -sektor sosial seperti tawuran atau perilaku lain,” tandasnya. (sugeng)

News Feed