oleh

KSAL Melepas 33 Bus untuk Mudik Gratis Personel TNI AL

Bisnismetro.id, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melepas keberangkatan puluhan bus dalam rangka Mudik Bersama TNI AL 2022 secara serentak di Lapangan Apel Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/4).

Untuk Mabesal sendiri tercatat ada 33 bus dengan jumlah penumpang sekitar 1.378 terdiri dari personel TNI AL dan keluarganya baik prajurit dan ASN yang ikut mudik gratis.

Sementara untuk jumlah seluruh wilayah TNI AL diketahui ada 88 bus dengan kapasitas 4.500 kursi yang disiapkan oleh TNI AL dalam kegiatan mudik bersama tersebut. Kegiatan itu bekerja sama dengan sejumlah mitra bank dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Yudo mengatakan, mudik bersama tersebut merupakan program Mabesal yang digelar setiap tahunnya. Namun, jelas dia, dalam dua tahun terakhir tidak dilakukan lantaran pandemi Covid-19 yang terjadi. “Ini sudah dibuka kembali dan kita laksanakan kembali. Sehingga kesejahteraan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh keluarga besar Angkatan Laut,” kata Yudo di lokasi.

Dia pun berharap, dengan adanya program mudik bersama ini, para personel maupun PNS TNI AL bisa bertemu dan bersilaturahim dengan sanak saudara di daerah asal masing-masing. Sehingga nantinya dapat kembali bekerja dengan penuh semangat.

“Harapan kita semuanya, mereka berbahagia semuanya dengan mereka dapat mudik, dapat cuti ini, tentunya dapat bertemu dengan handai taulan di kampungnya, sehingga kembali ke satuan lebih semangat lagi untik bekerja ke depan,” tutur Yudo.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memastikan bahwa instansinya turut serta dalam operasi pengamanan mudik tahun ini. Yudo menyebut, personel TNI AL yang BKO dalam tugas itu sudah disebar ke berbagai titik. Mulai pelabuhan sampai bandara. Termasuk juga pengamanan kapal-kapal angkutan pemudik.

Yudo menyebut, tugas operasi pengamanan mudik dilaksanakan oleh TNI AL atas perintah panglima TNI. Mereka diminta membantu aparat kepolisian.

“Kami proyeksikan (prajurit TNI AL) di pelabuhan-pelabuhan tempatnya pemudik naik kapal,” beber dia.

Secara keseluruhan tidak kurang dari lima ribu personel TNI AL yang BKO pengamanan libur lebaran. Tidak hanya prajurit, TNI AL juga menyiapkan beberapa kapal untuk mem-back up Pelni.

TNI AL memang memiliki kapal perang yang bisa difungsikan untuk mengangkut pemudik. Kapal jenis itu yang mereka siagakan.

“Kami sudah siap apabila diminta untuk membantu apabila armada (kapal) Pelni tidak cukup,” ungkap Yudo.

Adapun rute bus Mudik Lebaran Bersama TNI AL ini sebagai berikut:

a. Jakarta-Surabaya lewat Utara di antaranya melewati Cirebon-Tegal-Pemalang-Pekalongaan-Semarang-Lamongan-Kudus.

b. Jakarta-Solo-Surabaya lewat Selatan di antaranya melewati Solo-Sragen-Madiun-Nganjuk Mojokerto dan Madiun.

C. Jakarta-Yogyakarta lewat Tengah di antaranya melewati Banyumas-Purwokerto-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta.

Turut hadir mendampingi Kasal, Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Wakil KSAL Laksamana Madya (Laksdya) Ahmadi Heri Purwono beserta istri, dan jajaran pejabat utama.***

News Feed