oleh

Lanud Halim Perdanakusuma dan Tim INASAR Basarnas Gelar Latihan Bersama

-TNI Polri-58 views

Bisnis Metro, JAKARTA – Persiapan menuju International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) External Classification (IEC) Medium Class yang akan berlangsung pada 25 November 2019 mendatang, Lanud Halim Perdanakusuma dan Tim INASAR Basarnas (Indonesia Urban Search and Rescue Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional) menggelar latihan bersama di area taxy way echo Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (07/11/2019).

Latihan difokuskan pada kecepatan proses loading-unloading seluruh tim dan peralatan INASAR ke pesawat C-130 Hercules, untuk dikerahkan secara cepat, professional, dan aman guna memberikan bantuan SAR di luar negeri.

Latihan diskenariokan pada kondisi sesungguhnya bila terjadi bencana yang membutuhkan bantuan tim USAR gabungan Indonesia pada salah satu negara didunia internasional. Tim INASAR bergerak dari kantor pusat Basarnas menuju Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma untuk proses loading bersama-sama dengan Seksi Angkutan Disops Lanud Halim Perdanakusuma, kemudian di dilanjutkan terbang ke nagara yang dituju. Di daerah sasaran melaksanakan unloading dan Tim INASAR langsung berkoordinasi dengan instansi SAR di negara yang terkena bencana untuk melaksanakan misi SAR.

Pada kesempatan tersebut, Lanud Halim Perdanakusuma menyiapkan tiga unit pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31, sementara Tim INASAR menerjunkan 61 personel, 2 unit truk yang sudah berisi perlengkapan SAR, 2 unit kendaraan dmax, perlengkapan dan Satwa K9 Polri yang akan mendukung misi SAR.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabasarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito, S.E., M.M., berserta pejabat eselon I dan II, Danwing Udara I Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Firman Wirayudha, S.T., dan Kadisops Kolonel Pnb I.G Putu Setia Darma.

Sumber: Pen Hlm

News Feed