oleh

Latma Elang Thainesia 2019, “Ajang Pilot Tempur TNI AU Mengasah Taji”

Bisnis Metro, JAKARTA –  Meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AU dengan melakukan latihan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut yang dimulai dengan latihan perorangan dalam satuan, latihan antar satuan, latihan tingkat komando utama (Kotama), dan latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha, telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Salah satu latihan yang dilakukan oleh prajurit TNI AU khususnya skadron udara adalah latihan bersama secara bilateral dengan negara lain dan kali ini dilaksanakan dengan Royal Thai Air Force (RTAF) di pangkalan udara Korat, Thailand pada 30 Juli hingga 9 Agustus mendatang. Pimpinan TNI AU berharap dengan adanya latihan bersama seperti ini, dapat meningkatkan kemampuan para penerbang tempur TNI AU dengan menggali ilmu dan keterampilan terbang sebanyak-banyaknya dari metoda yang digunakan oleh negara lain.

TNI AU mengirimkan personel dari Skadron Udara 16 Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dengan kekuatan 76 personel, 5 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, dan 2 pesawat angkut berat C-130 Hercules sebagai pendukung.

Sejak Selasa (30/7/2019) kemarin, Komando Latihan (Kolat) yang dipimpin oleh Exercise Commander (Exco) Kolonel Pnb Muhamad Arwani yang juga sebagai Komandan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin dan 1st Wing Commander RTAF Group Captain (GpCpt) Wachirapan Muangnai telah memulai kegiatan latihan dengan membuka latma secara resmi dilanjutkan dengan “ice breaking” untuk mengakrabkan para penerbang tempur dari kedua negara. Turut hadir pada acara pembukaan Latma Elang Thainesia, Komandan Lanud Roemin Nurjadin (Rsn) Marsma TNI Ronny Irianto Moningka dan Paban III/Lat Sopsau Kolonel Pnb Danang Setyabudi serta seluruh perwira TNI AU dan RTAF.

Hari ini, Rabu (31/7/2019) para penerbang tempur TNI AU dan RTAF melakukan taklimat penerbangan dilanjutkan dengan terbang pengenalan area latihan (familirization) di wilayah udara Korat, Thailand.

Sumber: Dispenau

Editor: Yuni

News Feed