oleh

Mantapkan Kemampuan Teritorial Prajurit, Dandim 0502/JU Buka Latnister TA. 2022

-Berita Utama-76 Dilihat

Jakarta Utara . Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dalam pelaksanaan tugas Kodim 0502/JU menyelenggarakan Latihan Teknis Teritorial tahun anggaran 2022, yang dilaksanakan di Aula Balan Makodim 0502/JU Jl. Yos Sudarso Kec. Tg. Priok Jakarta Utara, Senin (13/6/2022).


Latnister dibuka langsung oleh Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA, selaku Komandan Latihan.

Dalam amanatnya Dandim 0502/JU mengatakan bahwa, hakekat diselenggarakannya Latnister ini adalah merupakan suatu upaya komando atas untuk memberikan pembekalan pengetahuan dibidang teritorial guna menambah dan mengasah kembali kemampuan teritorial. Dengan demikian diharapkan insan teritorial lebih peka dalam menyikapi perkembangan situasi dan kondisi wilayah saat ini.

“Latnister sekarang kita laksanakan, mudah-mudahan akan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan Apkowil dalam deteksi dini maupun cegah dini, dihadapkan dengan segala bentuk ancaman yang dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

Lebih lanjut Dandim memberikan penekanan-penekanan yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh peserta di antaranya; Pertama, kemampuan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat. Kedua, selaku Apkowil hendaknya lebih banyak melakukan penguasaan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Ketiga, hindari sikap masa bodoh atau tidak mau tahu terhadap setiap perkembangan situasi wilayah yang dapat berkembang menjadi sebuah ancaman. Keempat, kuasai ilmu informatika dan teknologi. Terakhir laksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya dan manfaatkan Latnister ini sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan kalian sebagai Apkowil yang profesional, militan, modern dan dicintai rakyat, imbuh Frega.

Dalam akhir amanatnya Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA, berpesan terkait adanya peningkatan jumlah kasus Covid-19 Subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 agar para Babinsa tetap menjalankan prokes ,” kita sudah punya pengalaman menghadapi Covid-19 selama 2 tahun, jangan lengah dan terus lakukan prokes serta ajak warga masyarakat berperan aktif untuk mencegah penyebaranya,” pungkas Dandim.

Latihan Teknis Teritorial akan berlangsung selama 5 hari, yaitu pelaksanaan teori dan praktek, daintaranya tahap 1 teori 1 hari, tahap 2 praktek parsil 2 hari dan tahap 3 praktek lapangan 2 hari.

Adanya Latnister nantinya diharapkan para Apkowil dapat memahami dan mampu tentang sikap teritorial serta memahami dan mampu tentang 5 kemampuan teritorial.

Sumber Pendim 0502/JU