oleh

Marsda TNI Fajar Prasetyo, S.E, M.P.P, dikukuhkan sebagai Pangkogabwilhan II

-Nasional-2.786 views

Bisnis Metro, JAKARTA – Marsekal Muda (Marsda) TNI Fajar Prasetyo, S.E, M.P.P, dikukuhkan sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan) TNI, oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.IP dalam sebuah upacara militer, di taxyway Echo, Lanud Halim Perdanakkusuma, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Pada saat bersamaan, Panglima TNI juga melantik Laksamana Muda (Laksda) TNI Yudo Margono, S.E., M.M. sebagai Pangkogabwilhan I , dan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Ganip Warsito, S.E., M.M.sebagai Pangkogabwilhan III.

Pelantijkan ketiga pejabat TNI ini, seiring dengan peresmian organisasi baru di jajaran TNI yaitu Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI.

Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan, pembentukan Kogabwilhan TNI merupakan salah satu upaya pembangunan kekuatan TNI sebagai daya tangkal (detterence effect) terhadap berbagai potensi ancaman. Kogabwilhan TNI juga merupakan representasi konsep kemampuan interoperabilitas TNI yang saat ini menjadi kebijakan prioritas bagi pimpinan TNI.

“Kehadiran ancaman yang dapat mengganggu kepentingan nasional perlu diantisipasi dan dicermati guna menyusun pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan, dan gelar kekuatan TNI di masa mendatang, sehingga dapat bersifat adaptif,” ujar Panglima TNI.

Kedudukan Makogabwilhan TNI berada di tiga tempat, masing-masing Makogabwilhan I di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Makogabwilhan II di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan Makogabwilhan III di Sorong, Papua.

Kogabwilhan TNI dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden nomor 27 tahun 2019 tentang pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan TNI yang bertugas sebagai penindak awal apabila terjadi konflik di wilayahnya baik untuk Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan sebagai kekuatan penangkal bila terjadi ancaman dari luar sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.(Red/Yuni)

News Feed