oleh

Mempererat Persahabatan Antar Negara KRI Sultan Hasanuddin 366  Latihan Bersama Kapal Perang Turki

Bisnis Metro, TURKI – Bersamaan dengan pelayaran on task yang-28, Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL 2019 KRI Sultan Hasanuddin – 366 (SHN) bertolak dari pelabuhan Mersin, Turki menuju titik rendezvous (RV) dalam rangka melaksanakan latihan bersama Passing Exercise (Passex) dengan kapal perang Turki, di Laut Mediterania, Kamis(6/8/2020).

Latihan bersama Passex ini digelar antar kedua kapal perang tersebut merupakan sebagai bentuk tradisi TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Turki dalam upaya mempererat persahabatan antar kedua Negara. Mengingat dalam tugas,TNI Angkatan Laut mempunyai tiga misi yakni, militer, policy, serta diplomatik.

Pelaksanaan Passex yang dilaksanakan kurang lebih 2 jam ini berjalan aman dan lancar. Adapun materi latihan di antaranya: Flaghoist, Maneuvering Exercise serta Mailbag Transfer. Kegiatan ini juga didukung oleh crew Heli Dauphin AS-365 N3+ HR-3601 yang On Board di KRI Sultan Hasanuddin – 366.

Disamping itu dalam beberapa bulan kebelakang untuk mempererat persahabatan antar kedua negara, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyempatkan kunjungan ke turki untuk kedua kalinya sejak menjabat Menhan pada 2019 lalu. Dalam kunjungannya ke Turki Menhan berkunjung melihat industri perkapalan perang dan Kapal Selam Turki di Golcuk Naval Shipyard, Kocaeli. Bentuk kerjasama militer dengan Turki akan bernilai strategis mengingat industri alutsista Turki berkembang pesat khususnya terkait kapal perang dan kapal selam. Ditambah lagi Turki memiliki sejarah militer yang panjang sebagai negara yang kuat secara militer sejak kekaisaran Ottoman.

Sumber: PMPP

News Feed