oleh

Monitoring Wilayah Hari Libur, Babinsa Koramil Penajam Komsos Dengan Warga Pencari Tudai

-TNI Polri-76 Dilihat

PENAJAM.BISNISMETRO.ID Untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, upaya membangun Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga wilayah binaan terus dilakukan Babinsa.

Seperti dilakukan oleh Sertu Heri anggota Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU yang melaksanakan Komsos bersama warga yang sedang mencari tudai/kerang di pesisir pantai Tanjung Jumlai RT 04 Kelurahan Tanjung tengaha Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Minggu (08/1/2023)

Tudai adalah kerang darah atau kerang dara dalam bahasa Kalimantan. Kerang dara juga populer di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara. Ciri khas dari kerang ini adalah cangkangnya berwarna putih dengan daging berwarna merah oranye.

“Sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan, seorang Babinsa wajib memiliki kemampuan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaanya, sehingga melalui komunikasi tersebut Babinsa dapat mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan apa yang diinginkan oleh pemerintah sebagai program unggulan, untuk mensejahterakan masyarakat,” Kata Babinsa.

Lebih lanjut, sebagai prajurit TNI yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa), dirinya selalu hadir di tengah masyarakat yang berprofesi baik mitu petani maupun seorang nelayan atau yang berprofesi lainnya guna untuk membangun kebersamaan dalam menciptakan ketahanan wilayah yang kuat, “ujarnya.

Sertu Heri menjelaskan,”Tudai adalah sejenis kerang yang biasa berada di dalam pasir pesisir pantai apabila laut sedang surut banyak warga memanfaatkan liburan sambil mencari tudai tersebut,Ciri khas dari kerang ini adalah cangkangnya berwarna putih dengan daging berwarna merah oranye.

“Tudai biasanya diolah dengan cara di rebus kemudian disajikan dengan sambal terasi, atau bisa di sambal goreng ataupun ditumis.,”Pungkasnya.

Melalui kegiatan Komsos tersebut, Babinsa dapat lebih mengenal masyarakatnya, dan mengetahui perkembangan setuasi Geo, Demo, dan Komsos yang ada diwilayah Binaan, sehinga hal ini dapat menciptakan suatu Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam negakan Negara kesaruan Republik Indonesia.”Kata Sertu Heri yang merupakan Babinsa Kelurahan Tanjung Jumlai tersebut.

Sumber : Dim 0913/PPU