oleh

Nusatic 2019, Event Terbesar di Dunia yang Dapat Menghidupkan Ekonomi Kecil, Menengah, dan Industri Ikan Hias Besar Nasional

-Nasional-7.579 views

Bisnis Metro, Jakarta – Indonesia kembali akan menggelar event pameran ikan hias terbesar di dunia, bertajuk Nusatic 2019 (29 November – 1 Desember 2019) dihelat di ICE BSD Tangerang. Sebelum event ini berlangsung, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama dengan panitia Nusatic 2019, Trubus dan para insan media mengadakan konferensi pers persiapan event, berlangsung di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta pada Kamis (24/10/2019).

Menurut Asisten Deputi Bidang Sumber Daya Hayati Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Andri Wahyono, event ini akan berperan besar dalam menghidupkan perekonomian di masyarakat yang terlibat di dalam pengembangan ikan hias, dari skala kecil, menengah, hingga besar.

“Semoga juga nanti value dan transaksi di dalamnya juga semakin besar, intinya semoga tahun ini semakin bergairah. Dan hal inilah nantinya yang akan bisa menghidupkan ekonomi kecil, menengah, sampai ke industri besar. Kami harapkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk nanti dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Asdep Andri.

Asdep Andri pun menjelaskan, bahwa dari sejak awal digelar pada tahun 2016 hingga sekarang, pameran ikan hias Nusatic selalu mendapatkan animo besar dari para peserta maupun pengunjung, karena menurutnya hal ini tidak terlepas dari publikasi media, serta gelaran Nusatic sendiri yang semakin menarik dari tahun ke tahun. Walaupun, lanjut Asdep Andri, dukungan dari kementerian lain pun masih sangat diperlukan.

“Selain publikasi media kami juga ingin peran dari berbagai pihak, seperti dari Kemenkominfo melalui berbagai media di bawah kendali Kemenkominfo dan juga teman-teman dari Kemenhub, misalnya nanti promo di Kereta, Kapal Laut dan lainnya. Tahun ini kita memakai 3 hall, dari dulu yang hanya 2 hall, dan nanti kontennya akan lebih banyak dari tahun sebelumnya, seperti Aquascape, Agro dan Kontestasi Ikan Hias juga akan lebih banyak,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Nusatic, Sugiharto mengungkapkan bahwa pameran ikan hias Nusatic ini adalah pameran ikan hias terbesar di dunia, bahkan negara Singapura pun yang pernah mengadakan event serupa, tidak mampu melanjutkan dan tenggelam dengan sendirinya.

“Nusatic ini menjadi pameran ikan hias terbesar di dunia, kenapa terbesar? Karena kita memiliki sembilan macam pertandingan ditambah dengan 4 varietas tambahan, jumlah macam ikan tahun ini lebih dari 5000 ekor ikan, baik itu masuk dalam perlombaan maupun ikut dalam eksibisi. Singapura pernah mencoba event serupa dengan nama Aquasinga. Tetapi Aquasinga tidak berlanjut, namun Nusatic berlanjut. Ini momen untuk kita agar jagan sampai Nusatic ini tenggelam, marilah kita dukung Nusatic ini menjadi berkelas Internasional,” katanya.

Dijelaskan Sugiharto, Nusatic ini sangat potensial untuk menjadikan ikan hias Indonesia menjadi nomor satu di dunia, dan senada dengan Asdep Andri, Sugiharto pun optimis bahwa dengan adanya event ini, dinilai mampu menciptakan berbagai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di masyarakat.

“Untuk Nusatic ini kami ingin ikan hias Indonesia menjadi nomor satu di dunia, ikan hias juga mampu menciptakan UMKM-UMKM. Menurut data statitistik, dari ikan hias masyarakat bisa mendapat penghasilan 30 – 50 juta dari usaha ikan hias di komunitas masyarakat, inilah value yang terbesar, potensi ikan hias di Indonesia masih sangat besar. Untuk itulah mari kita bergandengan tangan agar pasar ikan hias internasional bisa direbut oleh Indonesia, karena alam Indonesia sangat mendukung,” jelasnya.

Sebagai informasi, nantinya tiket masuk Nusatic 2019 akan ditangani oleh PT Melon melalui Tiketapasaja.com. Tiket akan mulai dijual pada tanggal 30 Oktober 2019, dimulai sejak pukul 15.00 sore, harga tiket sebesar Rp 30 ribu per orang dan selain bisa didapatkan di Tiketapasaja.com, bisa juga langsung membeli tiket di lokasi.

Pameran ikan hias terbesar di dunia ini memiliki serangkaian acara yang sangat menarik, dengan menghadirkan beberapa komunitas ikan hias di seluruh Indonesia, acara tersebut antara lain, 6th ACI CUP 2019, Lou Han Final League 2019, 11th Discuss Contest, Aquascape Nusatic 2019, 16th All Indonesian KOI Show, All Indonesia Gold Fish Competition, 4th Indonesia Kill Fish Association Convention, The Ultimate International Betta Show, The 4th Indonesia International Guppy Show, 1st Manvish Exhibition hingga pasda akhirnya memperebutan Piala Presiden Republik Indonesia. Dalam event ini juga akan ada seminar dan transfer knowledge mengenai cara memelihara ikan hias dengan baik, dan bagaimana mencetak varietas-varietas baru, dan di Nusatic inilah ajang bekumpulnya ikan-ikan yang memiliki top quality, ini menjadi daya tarik dunia, sehingga dunia ingin datang.

Selain itu, Nusatic 2019 ini pun akan didukung dengan acara yang diselenggarakan oleh Trubus Group dalam memamerkan tanaman hias dan produk agro living yang inovatif, organic dan menarik. Trubus Group akan menggelar event bertajuk Trubus Agro Expo ini selama 3 hari dan bersamaan dengan gelaran Nusatic 2019. Pameran ini akan mempersembahkan aneka produk dan kegiatan yang berkaitan dengan pertanian secara luas, olahan berbasis produk pertanian, pet (binatang peliharaan) yang akan menjadi tren di tahun 2020.

Diharapkan juga melalui event ini akan memperkuat daya saing di antara pelaku usaha agribisnis di Indonesia dan turut mempromosikan Indonesia sebagai pusat pertanian di ASEAN.

Sumber: Puskom Kemenmaritim

News Feed