oleh

Ops Zebra Jaya selama Dua Pekan, Satlantas Polres Tangsel Siapkan Alat Kebisingan Knalpot

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Satlantas Polres Tangsel menggelar Operasi Zebra Jaya mulai Senin 26 hingga 8 November 2020.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tangsel AKP Bayu Marfiando mengatakan, operasi zebra kali ini berbeda karena situasinya dimasa pandemi Covid-19.

“Jadi kita akan memprioritaskan kegiatan preventif dan pre entive dalam operasi kali ini. Itu terkait potensi penyebaran dan sekaligus mengurangi penyebaran Corona Virus Disease,” ungkap Bayu, di Alam Sutera, Serpong Utara, Senin (26/10/2020).

Dia menambahkan, di lokasi Alam Sutera ini, petugas melakukan upaya sosialisasi dan penyuluhan kepada para pengendara yang melintas, diantaranya dengan membagikan brosur, serta mengingatkan pengguna jalan lewat spanduk maupun papan bertuliskan Taati Protokol Kesehatan.g

Juga, para pengendara ditekankan penggunaan masker, jaga jarak, hindari bersentuhan fisik, dan gunakan antiseptic.

Selain sosialisasi anjuran protokol kesehatan Covid-19, sasaran operasi zebra jaya 2020 juga menyasar sejumlah pelanggaran lalu lintas. Seperti melawan arus, tidak memakai helm, stop line atau Marka jalan, strobo atau rotator, maupun melintasi bahu jalan.

“Penindakan pelanggaran lalu lintas ini presentasenya sebanyak 20 persen dengan indikator prioritas tersebut,” imbuh Bayu.

Selain itu, ada beberapa tambahan pelanggaran lalu lintas yang akan dikenakan para pengendara, yaitu terkait kebisingan kendaraan bermotor atau knalpot.

“Disini kita sudah menyiapkan alat pengukur kebisingan desible, dan pengukur kecepatan. Dan ini hanya untuk mendukung kegiatan tambahan dari penegakan hukum. Untuk sanksi yang kita kenakan adalah tilang,” katanya.

Lanjut Bayu, sifat penilangan tidak stationer atau operasi di jalan, tapi kita lebih kepada hunting-hunting saja,” pungkasnya.(sugeng)

News Feed