oleh

PANGDIVIF 1 KOSTRAD BUKA LATIHAN RAIDER SATJAR KOSTRAD TAHUN 2020.

-TNI Polri-419 views

Bisnis Metro, CILODONG – Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman, S.I.P, M.I.P buka Latihan Raider Satjar Kostrad TA. 2020 di Lapangan Yudha Wastu Pramuka Pussenif Kodiklatad, Cipatat Bandung. Dalam amanat tertulis Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman, S.I.P, M.I.P menyampaikan kebanggaan dapat bersama-sama dalam latihan Raider Satjar Kostrad ini dimana nantinya diharapkan mampu memotivasi diri untuk memiliki kemampuan Raider dalam mendukung pelaksanaan tugas dimanapun berada kelak. Latihan Raider merupakan salah satu implementasi dan kebijakan pimpinan TNI-AD dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit dan kualitas tempur satuan jajaran. Dengan bertambahnya kualifikasi Raider, prajurit Kostrad diharapkan mampu bergerak disegala bentuk medan, daerah pemukiman, perkotaan maupun ralasuntai serta mampu menghadapi perubahan cuaca dan mengutamakan unsur pendadakan dengan mobilitas tinggi melalui operasi “Raid”. Ada tiga tatanan kemampuan yang ingin dicapai dalam latihan ini adalah : Mampu melakukan penanggulangan teror dan pertempuran jarak dekat di daerah pemukiman/kota (Urban Warfare), Mampu melakukan aksi lawan gerilya dengan mobilitas yang tinggi, dan Mampu untuk melakukan perang berlarut (gerilya).

Sedangkan kemampuan tehnik dan taktik militer khusus yang harus dikuasai oleh pasukan Raider adalah memiliki keterampilan dan kemampuan melaksanakan Operasi Raid Penculikan, Penghancuran dan Pembebasan Tawanan serta tehnik pertempuran jarak dekat. Oleh karena itu melalui latihan ini diharapkan setiap prajurit Raider mampu bergerak secara cepat dan senyap untuk mendekati, merebut serta menghancurkan sasaran. Latihan Raider kali ini akan dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu : Tahap Basis dilaksanakan di Pusdikif Cipatat, Tahap Gunung Hutan di Ciwideuy komplek, dan Tahap Rawa Laut dilaksanakan di Pantai Cilacap komplek. Latihan akan didahului dengan pembekalan teori, praktek dan aplikasi dimana pada setiap latihan akan diisi dengan materi yang berorientasi dengan tahap berikutnya sehingga peserta latihan akan memperoleh pemahaman yang utuh dan kemahiran yang mumpuni dan pada akhirnya para prajurit akan memiliki kemampuan sebagai prajurit Raider.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Dirlat Kodiklatad, Danpusdikif Pussenif Kodiklatad, Danpusdiklat Kopassus, Kepala Staf Divif 1 Kostrad, Irdivif 1 Kostrad, Dirbinlat Pussenif Kodiklatad, Asops Kaskostrad dan Asops Kasdam III/SLW, Asren Divif 1 Kostrad, Asops Kasdivif 2 Kostrad, Para Asisten serta para Dan/Ka Satjar Divif 1 dan 2 Kostrad.

Sumber: Pendiv 1

News Feed