oleh

Pangkoopsud I Tinjau Posko Bansos Satgas Murai Sakti II Lanud ATS.

Bisnismetro.id, BOGOR – Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., meninjau posko Bantuan Sosial (Bansos) Satgas Murai Sakti II Lanud Atang Sendjaja, yang disambut langsung oleh Danlanud ATS selaku Dansatgas Murai Sakti II Marsma TNI Suliono, S.Sos., di hanggar Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Bogor. Hadir dalam kegiatan tersebut, Asintel Kaskoopsud I, Aspers Kaskoopsud I, Aspotdirga Kaskoopsud I, Kapen Koopsud I Bersama dengan Para Kadis, Para Perwira dan Staf Lanud Atang Sendjaja. (Jumat, 2-12-2022)

Kegiatan peninjauan posko oleh Pangkoopsud I, diawali dengan paparan operasi oleh Kadisops Lanud Ats Kolonel Pnb Suryo Patmonobo, S.Sos., M.M., mengenai situasi dan kondisi terkini posko Satgas Murai II Lanud ATS dan Posko Lanud HSN serta teknis pelaksanaan pergeseran paket bantuan sosial ke titik lokasi terdampak bencana gempa bumi Cianjur.

Satgas Murai II terdiri dari empat unsur, yaitu unsur territorial, unsur kesehatan, unsur Pasgat, dan unsur heli.

“Unsur teritorial membuka pos-pos di lokasi bencana untuk mencari titik landing heli dan spot heli box atau bantuan yang di drop dari udara, unsur kesehatan untuk membantu evakuasi dan tindakan serta penanganan urusan kesehatan masyarakat yang terdampak bencana, unsur Pasgat untuk membuka jalur, mencari titik lokasi untuk posko, mencari korban dan tindakan SAR lainnya, unsur Heli untuk menggeser bantuan sosial yang dititipkan di Lanud ATS,” ujar Alumni AAU’ 93 ini kepada wartawan yang hadir saat peninjauan tersebu.

“Hal tersebut merupakan bentuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya digunakan untuk penanggulangan bencana alam,” lanjut Pangkoopsud I.

Bansos yang tertampung di posko Lanud Atang Sendjaja hingga hari ini (Jumat, 2/12) berjumlah 57 ton, dengan yang telah didistribusikan ke lokasi terdampak bencana 47 ton dan 10 ton masih berada di Lanud Atang Sendjaja yang akan siap diangkut ke masing-masing posko Lanud ATS dan Posko Lanud HSN di Cianjur.

Disamping itu terdapat lima spot untuk menaruh Bansos di lokasi posko Lanud ATS dan LAnud HSN di Cianjur yaitu di Lapangan bola Aquila, Lapangan Raider 300, Lapangan Ciputri, Lapangan Bunikasih, Lapangan Badak Putih. Selain itu dalam pergeseran bantuan sosial dengan penggunakan Heli Box di daerah Cipeuteuy.

“Kegiatan disini berdasarkan rencana operasi Koopsud I dalam bentuk rencana kontijensi. Sehingga atas dasar tersebut Koopsud I membentuk Satgas Murai Sakti II dengan segera setelah terjadinya bencana gempa bumi Cianjur. Memanfaatkan unsur heli dari jajaran Skadron Udara yang ada di Lanud Atang Sendjaja,” ujar Pangkoopsud I.

Lebih lanjut Pangkoopsud I menambahkan, “Saat terjadinya bencana gempa bumi tersebut, dengan segera kami melihat kondisi awal bencana di seputar wilayah Cianjur. Untuk melihat spot-spot mana yang akan diplot untuk mendaratkan heli dan macam-macam bantuan. Selain itu kita juga mencari spot untuk pemberian bantuan yang di drop dari udara (Heli Box),” ujar Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., yang disaksikan oleh para awak media yang memadati hanggar Skadron Udara 6 Lanud ATS.(***)